Tiga Kali Berturut-Turut, Tomohon Terima Penghargaan Kota Peduli HAM

Wakil Wali Kota Tomohon menerima penghargaan Kota Peduli HAM dari Menteri Hukum dan HAM
Wakil Wali Kota Tomohon menerima penghargaan Kota Peduli HAM dari Menteri Hukum dan HAM

SOLO, (manadotoday.co.id)—Kepedulian terhadap Hak Azasi Manusia (HAM) di Kota Tomohon tak diragukan lagi. Buktinya, tiga kali berturut-turut Kota Bunga memperoleh penghargaan Kota Peduli HAM dari Presiden RI dalam peringatan HUT ke-69 HAM se-Dunia yang dilaksanakan di Hotel The Sunan Solo Jawa Tengah Minggu (10/12/2017) yang dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo.

Penghargaan itu sendiri diberikan kepada daerah yang dinilai sangat peduli dengan pemenuhan hak-hak masyarakatnya yaitu hak kesehatan, hak pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan yang layak maupun hak atas lingkungan yang berkelanjutan serta hak azasi manusia lainnya

Saat memberikan sambutan, Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasinya kepada para kepala daerah gubernur, wali kota dan bupati atas kepeduliannya terhadap Hak Azasi Manusia di berbagai bidang.

‘’Saya mengajak para pengambil kebijakan, politisi dan birokrat agar senantiasa memperhatikan pemenuhan hak-hak azasi manusia, baik hak-hak ekonomi, sosial, kultural yang juga memengaruhi hak-hak politik, yang pada intinya kita semua harus melihat kepentingan mulai dari rakyat bawah,’’ katanya.
Sementara Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dalam laporannya  mengatakan, kriteria untuk memperoleh penghargaan sebagai daerah peduli HAM, yaitu daerah yang mampu memenuhi hak-hak masyarakat

Penghargaan untuk Kota Tomohon diterima Wakil wali Kota Syerly Adelyn Sompotan.

Wali Kota Tomohon menyatakan terima kasih kepada pemerintah pusat khususnya Kementerian Hukum dan HAM atas penghargaan yang untuk ketiga kalinya diterima secara berturut-turut mulai dari tahun 2015, 2016 dan 2017 ini.

‘’Yang paling penting bukanlah seberapa banyak yang kita lakukan untuk masyarakat, tapi yang paling penting adalah seberapa banyak manfaat yang dirasakan oleh masyarakat,’’ kata Eman.

Wakil wali Kota Tomohon bersama jajaran Pemkot Tomohon usai menerima penghargaan KOta Peduli HAM
Wakil wali Kota Tomohon bersama jajaran Pemkot Tomohon usai menerima penghargaan KOta Peduli HAM

Wakil Wali Kota Tomohjon Syerly Adelyn Sompotan mengungkapkan, penghargaan yang diterima ini dipersembahkan untuk kita semua sebagai masyarakat Kota Tomohon karena penghargaan ini diperoleh berkat kerja sama semua pihak baik eksekutif, masyarakat, legislatif, unsur-unsur Forkopimda, tokoh-tokoh agama dan semua pemangku kepentingan yang ada.

Turut mendampingi wakil wali kota dalam menerima penghargaan, Asisten Umum Novi Politon SE, Kabag Hukum dan HAM Denny Mangundap SH dan Kabag Humas dan Protokol Christo Kalumata SSTP. (ark)