Jelang Natal, Pemkot Tomohon akan Cek Ketersediaan dan Masa Berlaku Sembako

natalTOMOHON, (manadotoday.co.id)—Jelang Natal, Pemerintah Kota Tomohon akan mekakukan pengecekan ketersediaan dan masa berlaku Sembilan Bahan Pokok di lokasi-lokasi perbelanjaan.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ronni Lumowa SSos MSi.

‘’Ya, selain pengecekan ketersediaan dan masa berlaku Sembako, juga akan digelar Pasar Murah,’’ kata wali kota melalui Asisten Ekonomi dan Pembangunan di

Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) tahun 2017 di Gedung Ex DPPKBMD Kamis (7/12/17). TPID di Kabupaten dan Kota lanjut Eman, telah diberikan tugas berdasarkan Keputusan Mendagri No 500.05.8135 tahun 2017 untuk melakukan pengumpulan data dan informasi termasuk perkembangan harga barang kebutuhan pokok dan penting serta jasa pada tingkat Kabupaten dan Kota.

‘’TPID diberi tugas menyusun kebijakan pengendalian inflasi di daerah yang arah kebijakan dimaksud harus berpedoman dan memperhatikan kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah melalui tim pengendalian inflasi nasional dan pada level provinsi,’’ tambahnya.

TPID juga diharapkan mampu melaksanakan tugas dalam upaya memperkuat sistem logistik di daerah bersama dengan instansi dan lembaga lainnya yang sangat terkait dan senantiasa melakukan fungsi koordinasi dengan tim pengendalian inflasi nasional dan provinsi dalam melakukan langkah-langkah strategis terhadap penyelesaian hambatan dan permasalahan yang sewaktu-waktu dapat terjadi di daerah agar supaya inflasi di daerah dapat terkendali dengan baik.

Kepala Bagian Perekonomian Setdakot Tomohon Harnny Korompis SE saat membacakan laporan kegiatan mengatakan, maksud kegiatan ini untuk mengkoordinasikan pelaksanaan TPID Kota Tomohon dan merumuskan mekanisme dan tata kerja TPID Kota Tomohon.

Hadir para narasumber Wakapolres Tomohon Kompol Joice Wowor SH, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara Ir Hanny Wajong MSi, Mewakili Bank Indonesia Zulham Effendy, Kepala BPS Kota Tomohon Hirsfeid Manullang SSi MSi, Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Tomohon Sugandi Mokoagouw SH dan para peserta. (ark)