Pemkot Tomohon Deteksi Dini Risiko Kehamilan dan Pasca Melahirkan

Kegiatan Penanganan dan Rujukan Kasus Komplikasi Kebidanan Bagi Tenaga Kesehatan di Kota Tomohon.
Kegiatan Penanganan dan Rujukan Kasus Komplikasi Kebidanan Bagi Tenaga Kesehatan di Kota Tomohon.

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Kepala Dinas Kesehatan Kota Tomohon dr Deesje Liuw MBiomed mengungkapkan, penanganan dan rujukan kasus komplikasi kebidanan bagi tenaga kesehatan sangat dibutuhkan untuk mendeteksi risiko kehamilan dan gangguan lain pasca melahirkan.

Untuk itu, bertempat di Aula Tulip Inn Kelurahan Paslaten Satu Tomohon Timur Kamis (6/12/2017) dilaksanakan Penanganan dan Rujukan Kasus Komplikasi Kebidanan Bagi Tenaga Kesehatan di Kota Tomohon.

‘’Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tenaga kesehatan dalam mendeteksi dini faktor risiko yang mungkin terjadi pada ibu hamil, bersalin, nifas dan bayi baru lahir serta untuk segera melakukan rujukan pasien berisiko tinggi ke fasilitas pelayanan kesehatan yang berkompeten,’’ jelasnya.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak yang diwakili Asisten Bidang Umum Novi Politon SE saat membuka kegiatan mengatakan, kegiatan ini merupakan lanjutan kegiatan di semester I yang juga merupakan evaluasi program Kesehatan Ibu dan Anak tentang penanganan dan rujukan kasus komplikasi kebidanan bagi tenaga kesehatan.

Tenaga kesehatan peserta kegiatan
Tenaga kesehatan peserta kegiatan

‘’Tujuan kegiatan ini untuk mendeteksi secara dini resiko tinggi pada ibu hamil, bersalin, nifas dan bayi baru lahir serta segera melakukan rujukan bila diperlukan. Dengan harapan tentunya para peserta kegiatan ini akan fokus dalam melaksanakan tugas yang telah diamanahkan sehingga ke depan Kota Tomohon semakin hari semakin sehat dan sejahtera,’’ tukas wali kota.

Turut hadir dan menjadi narasumber, Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara dan dari unsur dokter spesialis obstetri dan ginekologi, serta para peserta kegiatan yaitu tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas, rumah sakit, bidan, dan praktek swasta yang ada di Kota Tomohon. (ark)