Topang Pariwisata, Tomohon Tingkatkan Industri Kecil dan Menengah

Wali Kota Tomohon JImmy F Eman SE Ak saat memberikan sambutan
Wali Kota Tomohon JImmy F Eman SE Ak saat memberikan sambutan

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengungkapkan, pihaknya terus menyeriusi pembangunan di segala bidang. Salah satunya, meningkatkan industry kecil dan menengah yang berkaitan erat dan mendukung pariwisata.

Hal itu diungkapkan wali kota saat membuka kegiatan Koordinasi Program Pengembangan Ekspor dengan instansi terkait dan pengusaha di Kota Tomohon Senin (20/11/2017) di Rog’s Café Kelurahan Kolongan Satu Tomohon Tengah yang dilaksanakan Dinas Perdagangan dan Perindustrian.

Menurutnya, program-program yang dilaksanakan terus memberikan hasil positif. Dunia pariwisata dengan topangan sector perdagangan dengan topangan sector industry kecil dan menengah diyakini bisa memberikan dmapak yang besar bagi Kota Tomohon sebagai salah satu destinasi wisata di Provinsi Sulawesi Utara.

Sekto lain juga saat ini terus memberikan kemajuan yang berarti.  ‘’Kota Tomohon terus mengalami peningkatan berbagai sektor seiring dengan pelaksanaan program “Emas”. Berbagai pencapaian yang diraih antara lain penghargaan WTP 4 kali berturut-turut, perencanaan pembangunan berdasarkan   e-planning dan e-proposal,  perubahan wajah kota dengan berbagai pembangunan seperti yang saat ini sementara dibangun yaitu menara Alfa Omega, pelayanan terpadu untuk semua perizinan dengan merubah Kantor Walikota menjadi gedung pelayanan publik bernama Wale Kabasaran, dan program Smart City dimana kota tomohon terpilih sebagai salah satu kota yang mendapat pendampingan teknis dari Qlue dalam program nasionalGerakan Menuju 100 Smart City, merupakan bukti nyata keseriusan pemerintah dalam membangun kota tomohon yang kita cintai dan banggakan,’’ papar Eman.
Ditanbahkannya, industri dan perdagangan memiliki peran penting dalam rangka pencapaian misi ke-Kota Tomohon yaitu mewujudkan daerah yang berdaya saing dan mandiri.
Pasar Beriman sebagai pasar rakyat Kota Tomohon saat ini telah menjadi salah satu dari 68 pasar di seluruh Indonesia yang menjadi tolok ukur pengukuran dan perhitungan harga rata-rata nasional melalui sistem informasi Perdagangan Kementerian Perdagangan RI.

‘’Ke depan, juga direncanakan akan dibangun pasar penopang di wilayah Kecamatan Tomohon Selatan dan Kecamatan Tomohon Barat, yang diharapkan akan memicu perkembangan perekonomian di dua wilayah tersebut,’’ tukasnya.
Kadis Perdagangan dan Perindustrian Kota Tomohon Ruddie Albert Lengkong SSTP dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang  ekspor produk sekaligus tata cara ekspor.
Hadir juga dalam kegiatan ini sebagai narasumber Kepala Bea dan Cukai Manado Nyoman Adhi Suryadnyana, Kadis Kabid Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Darwin Muksin, Staf Khusus Wali Kota Tomohon Bidang Ekonomi Dr Jantje Tinangon dan Dr Tri Oldy Rotinsulu, jajaran Pemkot Tomohon yang terundang, para pelaku usaha serta undangan.(ark)