Perempuan Bitung Dibekali Skill Berpolitik

Perempuan Bitung Dibekali Skil BerpolitikBITUNG, (manadotoday.co.id) – Sejumlah perempuan di Kota Bitung, berkesempatan menambah skilnya dalam berpolitik, dalam sosialisasi kebijakan peningkatan peran dan posisi perempuan dibidang politik dan jabatan publik, yang dibuka Walikota Bitung, Maximiliaan J Lomban SE MSi, di BPU Kantor Walikota, Senin (13/11/2017).

Dalam sambutannya Lomban mengatakan Pemkot Bitung mempunyai lebih dari 30% pejabat perempuan yang tersebar di eselon 2,3 dan 4. ASN juga lebih banyak perempuan dIbandingkan dengan laki-laki.

“Bidang pendidikan pun guru perempuan juga mendominasi,” ujar Lomban.

Sosialisasi ini lanjutnya, penting untuk memberikan pemahaman kepada para perempuan bahwa untuk terjun didunia politik butuh skill atau kemampuan.

“Seperti kemampuan untuk berdiskusi, berdiplomasi, dan aktif di organisasi masih minim bagi kaum perempuan, yang sebenarnya perlu diasah dan dipelajari sebelum memutuskan untuk berpolitik,” jelas Lomban.

Menurut Walikota, pentingnya pengetahuan tentang politik bagi kaum perempuan yang ingin berkiprah di dunia politik, karena pada kenyataannya banyak perempuan yang masih belum memahami bagaimana berpolitik sesuai dengan etika dan batasannya.

“Untuk itu perlu adanya pelatihan-pelatihan tentang hal tersebut, lewat kerja sama dengan instansi terkait,” tutur Lomban yang pada kesempatan itu juga mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini.

Turut hadir Asisten I Setda Kota Bitung Oktavianus Tumundo, Ketua Yayasan Elmitra Dra Mieke Kaligis Sangian. MSi, Akademisi DR Ferri Daud Liando MSi dan para peserta.(kys)