Peringatan Hari Pahlawan di Sulut, Kandouw: Nilai-nilai perjuangan Para Pahlawan Harus Kita Pertahankan

SULUT, (manadotoday.co.id) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven O.E Kandouw, bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 Provinsi Sulut, yang digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi Manado, Jumat (10/11/2017).

hari pahlawan
Wagub Sulut Steven Kandouw, ketika bertindak sebagai Irup Hari Pahlawan tingkat Provinsi Sulut

Pada peringatan Hari Pahlawan tersebut diikuti , Forkopimda, Pejabat Eselon II Pemprov Sulut, juga seluruh jajaran petinggi TNI/Polri, perwakilan SMA dan unsur organisasi kepemudaan.

Dalam sambutannya, Kandouw berharap perjuangan bahkan pengorbanan nyawa para pahlawan wajib dihargai oleh kita semua selaku anak bangsa.

“Jadi kewajiban kita untuk mengisi harapan dan ‘permohonan’ mereka (pahlawan) terutama mempertahankan. Jadi jangan lupa tugas dan kewajiban kita semua untuk mempertahankan melalui momentum ini, jadi kembali untuk mempertebal lagi semangat kita semua untuk NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika,” terang Kandouw.

Wagub  mengajak para generasi muda sekarang ini untuk mencontohi nilai-nilai perjuangan dari para pahlawan.

“Momentum ini bukan ‘side back’ tapi memberikan motivasi bagi generasi muda kita. Dimana tugas dari pemerintah untuk mengingat-ingatkan terus kepada para generasi muda kita,” pungkas Wagub.

Usai upacara, Wagub Kandouw dan para  peserta upacara  melakukan prosesi tabur bunga di makam para pahlawan. Selanjutnya, pada momentum ini,  Pemprov Sulut melalui Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan memberikan bantuan sosial penyerahan rumah sederhana/RTLH bagi 400 penerima yang diwakili 7 KK dan penyerahan buku 8 pahlawan nasional asal Sulut kepada perwakilan siswa SMA, Guru, TNI/Polri, Keluarga Pahlawan Veteran.

Penyerahan tersebut dilakukan Wagub Kandouw didampingi Forkopimda Sulut, Kadinsos Sulut Grace Punuh, Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut Gammy Kawatu,

Pada kesempatan itu pula, atas petunjuk Bapak Gubernur Olly Dondokambey,  Wagub Steven Kandouw menyerahkan bantuan usaha ekonomi produktif bagi 10 karang taruna sebesar Rp. 2.000.000 kepada 5 perwakilan karang taruna yang ada di Sulut.

Kepada Dinas Sosial Daerah Sulut Grace Punuh mengatakan bahwa pada peringatan Hari Pahlawan pada tahun 2017 ini pemerintah provinsi Sulut mengangkat tema ‘Bersatu Untuk Memperkokoh Membangun Negeri’ terutama membangun Sulut Hebat.

“Pada peringatan kali ini juga tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, karena ditambahkan kegiatan diluar proses ziarah yaitu, menghadirkan undangan para Veteran atas arahan petunjuk pak Gubernur (Olly Dondokambey) dan pak Wagub serta ada penyerahan bantuan,” kata Punuh, sembari mengungkapkan kegiatan ini dirangkaikan dengan peluncuran buku ‘8 Pahlawan Nasional Sulut’ yang diprakarsai oleh pak Gubernur bersama melalui  Dinsos dan Dikda Sulut. (ton)