Pemkot Tomohon Terima Kunjungan Reses Senator Pua dan Liow

Dua Senator asal Sulut dan jajaran Pemkot Tomohon
Dua Senator asal Sulut dan jajaran Pemkot Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh Senin (6/11/2017) menerima kunjungan dalam ranga reses anggota DPD-RI Ir Marhany  Pua dan Ir Stefanus BAN Liow bertemat di Ekas Kantor DPPKBMD.

Pada kesempatan tersebut Lolowang memaparkan beberapa hal kepada para anggota DPD-RI di antaranya aspirasi berkaitan dengan ketahanan pangan, dinas kesehatan, seperti Rumah Sakit Daerah.

‘’Tenaga dokter sangat dibutuhkan nantinya, sedangkan formasi untuk tenaga dokter tidak ada di Kota Tomohon dan kita harus ikut sesuai aturan pusat dalam hal formasi dalam pengangkatan pegawai,’’ ujar Lolowang.
Selanjutnya berkaitan dengan Jamaah Haji tentang pemberian uang saku dan Dinas Pendidikan terkait masalah guru guru yang masih dibayar 700 hingga 800 ribu perbulan yang  masih diambil dari dana BOS.

‘’Formasi penerimaan guru harus dari pemerintah pusat. Padahal khususnya guru sudah sangat minim di kota tomohon. Ini menjadi persoalan yang terjadi di Kota Tomohon dan perlu penanganan dari pusat,” ungkap Lolowang.
Anggota DPD-RI Ir Marhany Pua pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan kunker kali ini yang pertama  dilaksanakan dengan Pemkot Tomohon kemudian dilanjutkan dengan DPRD Tomohon.

“Besok ada kegiatan di PGE Lahendong terkait tindak lanjut soal kontribusi panas bumi bagi Tomohon dan Minahasa,’’ Ujar Pua.
Diketahui, Ir Marhani Pua adalah anggota DPD-RI  Komite II Bidang Pertanian, Energi Infrasturutur Jalan Jembatan, Sumber Daya Ekonomi.  Sedangkan Ir Stefanus BAN Liow  adalah anggota DPD-RI  Komite III Bidang Agama, Kesehatan, Pendidikan dan Kesejahteraan Rakyat.

Ir Stefanus BAN Liow  mengatakan bahwa tujuan kunjungan kerja ini juga untuk membahas UU yang perlu direvisi, misalnya UU terkait pangan,  UU terkait tentang pendidikan, kesehatan, keagamaan dan perjalanan haji, bantuan uang saku jemaah haji dan masukan lain.

Para pejabat Pemkot Tomohon dalam reses dua Senator asal Sulut
Para pejabat Pemkot Tomohon dalam reses dua Senator asal Sulut

‘’Kami berharap boleh mendapat saran dan masukan untuk ditindaklanjuti. Jika ada yang berkaitan dengan kewenangan provinsi maka kami akan berkoordinasi dengan gubernur dan memang setiap ada persoalan kami selalu melibatkan pihak terkait termasuk kementerian. Jadi dalam reses ini kami fokus menyerap aspirasi dari masyarakat dan pemerintah,’’ tukas Stefa—sapaan akrabnya.

Hadir dalam kegiatan  ini Asisten Umum Novi Politon SE, Asisten Perekonomian Ronni Lumowa SSos MSi dan para kepala SKPD terkait serta jajaran pemerintah Kota Tomohon. (ark)