Bupati Minahasa: Pancasila Ideologi Negara Harus Dipertahankan

Pancasila, Ideologi Negara , Hari Kesaktian Pancasila, TONDANO, (manadotoday.co.id) – Jajaran Pemkab Minahasa menggelar apel awal bulan Oktober dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Batik Nasional tahun 2017, di lapangan kantor Bupati Minahasa, Senin (2/10/2017).

Bertindak sebagai pemimpin apel Bupati Minahasa Drs. Jantje W. Sajow, MSi, upacara turut dihadiri Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Forkopimda Minahasa, asisten perekonomian dan pembangunan DR. S. W. Siagian, MA dan asisten administrasi umum Hetty Rumagit, SH.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa momentum apel kerja ini merupakan bentuk komitmen untuk meneguhkan motivasi kerja serta mensinergikan tanggungjawab dan tugas-tugas pemerintahan, serta pembangunan yang diselaraskan dengan dinamika tuntutan masyarakat kepada pemerintah, oleh karena itu, seluruh jajaran diharapkan akan semakin profesional, respek dan berkualitas.

“Pelaksanaan apel kerja awal bulan yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertujuan untuk mengingatkan kita tentang makna pancasila sebagai idiologi dan pemersatu bangsa indonesia yang harus tetap dijaga dan dipertahankan, demi utuhnya negara kesatuan republik Indonesia,” ujar Bupati.

Lanjutnya, hari ini tepat tanggal 2 Oktober, juga diperingati Hari Batik Nasional yang telah ditetapkan melalui keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 33 tahun 2009. Bupati juga menambahkan bahwa batik telah dikukuhkan sebagai harta warisan manusia oleh organisasi UNESCO dalam naungan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) sebagai bentuk pengakuan dunia internasional atas Budaya Indonesia.

Melalui apel kerja ini, Sajow menyampaikan beberapa hal, pertama dia menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi serta rasa bangga kepada seluruh masyarakat, jajaran TP-PKK dan jajaran pemerintah kabupaten Minahasa karena dalam paneran pembangunan dalam rangka HUT provinsi Sulawesi Utara ke-53, Minahasa berhasil menjadi yang terbaik untuk ke-4 kalinya secara berturut-turut.

Sajow juga mengapresiasi tim anggaran dan jajaran pemerintah Minahasa yang sudah berkordinasi dengan terkait pembahasan APBD perubahan tahun 2017, sehingga telah ditetapkan menjadi peraturan daerah. Lanjutnya, pada tanggal 9-16 Oktober, akan dilaksanakan pekan olahraga provinsi Sulut (Porprov) dengan mempertandingkan 21 cabang olahraga dan kejurnas liga voli divisi I pada tanggal 23-29 di Wale Ne Tou.

Dalam rangka memperingati HUT Minahasa ke-589, akan dilaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya festival Danau Tondano dimulai pada tanggal 27 Oktober dan pemilihan Wulan Waraney Minahasa serta pameran pembangunan, untuk itu, sangat dibutuhkan koordinasi dan kerjasama yang baik dari seluruh jajaran.

“Untuk itu diharapkan partisipasi aktif dari seluruh ASN pemkab Minahasa untuk mengsukseskan kegiatan ini,” tukas Bupati.

Diakhir sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa dalam rangka HUT Minahasa pada bulan November nanti akan diadakan lomba makanan khas Minahasa yang dibagi atas tiga kategori yaitu makanan halal, non halal, dan ekstrim. Dia juga mengatakan bahwa Benteng Moraya akan menjadi tempat wisata kuliner makanan khas Minahasa.(rom)