OD-SK Dampingi Jokowi Tampil di Forum Bisnis Internasional ISBC-ISIF di Singapura

foto 1
Presiden RI Joko Widodo dan PM Singapore Lie Hsien Long dalam Forum Bisnis Internasional ISBC-ISIF di Singapura.

SINGAPURA, (manadotoday.co.id) – Hebat ! Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven OE Kandouw (OD-SK), turut mendampingi kunjungan kerja Presiden RI Jokowi ke Negara Singapura, dalam kegiatan Leaders Retreat RI-Singapura 2017, yang dilaksanakan Badan Kerjasama Penanaman Modal (BKPM) dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura dengan kolaborasi dengan Economic Development Board (EDB), Singapore Business Federation (SBF) dan Kadin Indonesia, pada Forum Bisnis Internasional bertajuk “Indonesia Singapore Business Council (ISBC) Meeting dan Indonesia -Singapore Investment Forum, di Marina Bay Cruise Centre Singapore, Kamis (07/09/2017) waktu setempat.

foto 2
Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, bersama tim Pemprov Sulut saat Forum Bisnis Internasional ISBC-ISIF di Singapura.

Luar biasanya, Forum pertemuan tahunan ISBC ini, selain diadakan Investment Forum yang dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo dan PM Singapura Lie Hsien Long, serta 300 Undangan dari Perusahaan Multinasional di Singapura dan Indonesia, bertemakan Tourism Industry Development in Indonesia, juga memberi kehormatan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menjadi salah satu Panelis, pada gelaran agenda Investment Forum bertopik Business Opportunities in North Sulawesi, sebagaimana dilansir Kabag Humas Pemprov Sulut Roy RL Saroinsong SH.

foto 3
Forum Bisnis Internasional ISBC-ISIF di Singapura.

Dalam pembahasan bersama Presiden Jokowi dan PM Singapura Lee Hsien Loong menyepakati kerja sama yang akan dilakukan di masa mendatang, termasuk pengembangan ekonomi digital dan pariwisata antar kedua negara. Diantaranya melalui pengembangan destinasi wisata bersama (joint destinations), kerja sama pengoperasian wisata kapal pesiar, pembangunan dermaga kapal pesiar, peningkatan investasi infrastruktur pariwisata, serta kerja sama pengembangan Meeting, Incentives, Conferences, Exhibitions (MICE).

foto 4
Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, bersama rombongan saat berada di Marina Bay Singapore.

Dalam pertemuan ini, Presiden Jokowi mengundang para investor Singapore untuk berinvestasi khususnya dibidang Industri Pariwisata dan menjamin memberikan kemudahan dalam perijinan. Menurut survey Gallup World Poll dan OECD bahwa saat ini Indonesia merupakan peringkat pertama dalam Tingkat Kepercayaan Masyarakat terhadap Pemerintah. Menurut Presiden Jokowi, hal inilah yang akan terus dipertahankan, termasuk ease of doing business, bagaimana membuat mudah dalam berinvestasi di Indonesia.

Perdana Menteri Singapore memberikan respond bahwa tahun ini merupakan tahun ke-50 kerjasama bilateral sebagai saudara antara pemerintah Indonesia dan Singapore, dan akan terus ditingkatkan karena saling melengkapi.

foto 5
Forum Bisnis Internasional ISBC-ISIF di Singapura.

Dalam business forum yang dipandu Kepala BKPM RI Thomas Lembong dan Menteri Pariwisata Arif Yahya, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE diberikan kesempatan untuk menyampaikan peluang bisnis investasi khusunya pengembangan pariwista di Sulut. Melalui Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw, memaparkan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, Pall Beach Nilai investasi proyek KEK Pariwisata 1,3 Triliun Rupiah, dengan proyek swasta diantaranya pembangunan Infrastuktur, Resort, Villa dan Hotel.

Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw juga memaparkan beberapa proyek yang ditawarkan seperti Manado Tourism Area, Bitung Eco Industrial Estate, Industrial Park, Manado Power Plant dan Mdo Water Treatment dan Supply, Pembangunan Lembeh Internasional Airport, Pengembangan Wisata di Kawasan Bolaang Mongondouw Raya, termasuk Wisata Bahari di Kabupaten Kepulauan.

Selain itu, Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw yang tampil elegant di forum internasional tersebut, juga memaparkan beberapa keunggulan komparativ termasuk dari Geopolitik dan geo posisi Sulut, sumberdaya alam dengan keanekaragaman hayati yang tinggi, multi kultur dan kuliner menarik bagi masyrakat Singapore. Termasuk, mempresentasikan promosi investasi bidang pariwista dan menjelaskan bagaimna pesatnya jumlah kunjungan wisatawan terutama dari Tiongkok melonjak secara signifikan membawa multiplayer efek dalam pertumbuhan ekonomi di Sulut.

Selain Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw, juga Presiden Jokowi memboyong 15 Menteri ikut sebagai Delri (Delegasi Republik Indonesia). Ikut mendampingi ODSK, Asisten III Ir Royke Roring MSi, Kepala Dinas Perkebunan Ir Refly Ngantung, Staf Khusus Gubernur bidang Komunikasi Publik Pdt Lucky Rumopa Sth serta Karo Ekonomi & SDA Dr Franky Manumpil. (advetorial)