Walikota Bitung Terima Penghargaan Dari PMI

Maximiliaan J Lomban SE MSi, Palang Merah Indonesia , Penghargaan PMIBITUNG, (manadotoday.co.id) – Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban SE MSi, mendapat penghargaan sebagai Pembina dan Penggerak Program Pemberdayaan Masyarakat Tangguh Bencana dan Pengelolaan Risiko Terpadu Berbasis Masyarakat, oleh Pengurus Pusat Palang Merah Indonesia (PMI) yang diserahkan Ginandjar Kartasasmita selaku Pelaksana Harian Ketua Umum PMI, saat menghadiri HUT PMI Nasional ke-72, dirangkaikan dengan Temu Nasional Siaga Bencana Berbasis Masyarakat ke-2 di Taman Wisata Gunung Pancar, Desa Karangtengah, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor, Minggu (17/9/2017).

“Saya berterima kasih kepada Pengurus Pusat PMI atas penghargaan ini, apa yg kita kerjakan selama ini ternyata diperhatikan oleh PMI pusat. Kita bukan mengerjakan ini dalam rangka mengejar penghargaan, tetapi adalah komitmen meningkatkan pemberdayaan masyarakat untuk tangguh menghadapi bencana,” ujar Lomban.

Lanjutnya lagi, dengan meningkatnya kapasitas masyarakat yang peduli terhadap bencana maka akan mengurangi resiko bencana yang akan terjadi. Ia menambahkan, untuk Kota Bitung sendiri telah diterapkan Rencana Pengurangan Resiko (Risk Reduce Plan) yang disusun secara partisipatif oleh anggota Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) yang terus bersinergi dengan masyarakat setempat. Hal ini menjadi perhatian tersendiri bagi Pemkot Bitung dalam mengembangkan proses pembangunan berbasiskan pengurangan resiko yang disesuaikan dengan amanat Undang Undang penanggulangan bencana.

Melalui momentum ini, Lomban mengapresiasi kerja keras PMI Kota Bitung dibawah pimpinan Ketua Khouni Lomban Rawung yang penuh semangat dan antusias serta terus berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan kemanusiaan baik di dalam maupun di luar daerah.

Sementara itu, Kartasasmita mewakili Ketua Umum PMI Jusuf Kalla dalam sambutannya berterimakasih kepada para kepala daerah yang memberikan perhatian khusus terkait pemberdayaan masyarakat untuk tangguh menghadapi bencana melalui pembentukan SIBAT di kelurahan dan desa.

Seperti diketahui, hanya 27 bupati/walikota yanh berhasil mendapatkan kepercayaan dari PMI pusat untuk menerima penghargaan.

“Ini merupakan suatu kebanggan Kota Bitung satu diantara kebupaten/kota yang berhasil meraih prestasi tersebut,” pungkas Lomban.(kys)