Pemkot Tomohon Gelar Rakor EPRA

TOMOHON,  (manadotoday. co. Id) –Pemerintah Kota Tomohon Kamis (7/9/2017) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor)  Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (EPRA) periode Januari-Agustus 2017 bertempat di Rumah Dinas Kantor Wali Kota Tomohon.

Rapat Koordinasi. EPRA di Rudis Wali Kota Tomohon
Rapat Koordinasi. EPRA di Rudis Wali Kota Tomohon

 

Rapat dipimpin Asisten Bidang Perekonomian Ronni Lumowa SSos MSi didampingi Asisten Bidang Umum Novi Politon SE, Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Tomohon Drs Gerardus Mogi, Inspektur Kota Tomohon Ir Djoike Karouw MSi dan Kepala Bapelitbangda Kota Tomohon Ir Ervinz Liuw, MSi serta dihadiri oleh Para Kepala Perangkat Daerah se- Kota Tomohon.

Dalam sambutannya yang dibacakan Lumowa, Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak menugaskan kepada Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) Belanja Daerah Kota Tomohon dan seluruh Perangkat Daerah Kota Tomohon agar memaksimalkan realisasi anggaran, secara periodik memonitoring penyerapan anggaran di masing-masing perangkat daerah serta dalam kurun waktu yang kurang dari 4 bulan ini sebelum tahun anggaran berakhir, perangkat daerah melakukan manajemen waktu dengan baik.

Contohnya memajukan tahapan lelang. Hal tersebut berdasarkan imbauan pemerintah pusat yang memperbolehkan lelang lebih awal sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

”Salah satu tugas dari TEPRA sebagaimana amanat Presiden RI Joko Widodo adalah tim membangun sistem pelaporan berbasis teknologi informasi yang sederhana, mudah diakses, handal dan tepat waktu, ” kata wali kota seraya berharap perangkat daerah selalu berinovasi menciptakan aplikasi d aplikasi yang mendukung seperti E-Proposal.

Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Tomohon Drs Gerardus Mogi menambahkan bahwa realisasi anggaran sampai dengan Agustus 2017, Total Belanja Daerah Rp 667.420.839.043,- di mana Belanja Tidak Langsung Rp. 291.121.822.990,- (43,62 persen) dan Belanja Langsung Rp376.299.016.053,- (56,38 persen) serta  realisasi keuangan Rp 332.279.724.604,- (48,29 persen). (ark)