Dihadiri Ketua Dewan Pers, Biro Protokol KKP Sulut Gelar Gathering Mass Media

foto 1
(dari kiri ke kanan) Kepala Biro Protokol KKP Sulut, Clay June Dondokambey, Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo, Asisten III Sulut Roy O. Roring, dan Kabag Humas Roy Saroinsong, pada acara pembukaan kegiatan Gathering Mass Media.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Biro Protokol Kerjasama dan Komunikasi Publik (KKP) Setda Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menggelar Gathering Mass Media yang diikuti wartawan yang keseharian meliput di Pemprov Sulut, yang tergabung dalam komunitas Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS).

Kegiatan yang digelar selama dua hari di Hotel Peninsula Manado (18 – 19 Agustus 2017), menghadirkan Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo sekaligus menjadi narasumber, dan pengamat politik dan komunikasi dari FISIP Unsrat Manado Ferry Liando.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutan yang dibacakan Asisten III bidang Administrasi Umum Sulut Royke O. Roring, mengatakan, pers memegang peranan penting dalam masyarakat demokratis dan merupakan salah satu unsur bagi negara dan pemerintahan yang demokratis. Patut dibanggakan dan disyukuri, media massa dan pers dalam perkembangannya sudah semakin maju dan berkualitas. Kebebasan pers dan demokrasi semakin kita rasakan dimana hal ini turut dikontribusikan oleh kerja keras para media massa.

Menurut Olly lagi, media massa dan pers yang bebas tidak bisa dilepaskan dari sejumlah tanggung jawab didalamnya. Tanggung jawab itu, termasuk mencerdaskan kehidupan bangsa, memperkokoh persatuan dan kesatuan, membentuk kepribadian bangsa serta mengupayakan keamanan hak pengguna sarana dan prasarana informasi dan komunikasi.

foto 2
Wartawan yang keseharian meliput di Pemprov Sulut, yang tergabung dalam komunitas Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS), ketika mengikuti Gathering Mass Media Biro Protokol Kerjasama dan Komunikasi Publik (KKP) Sulut.

Olly menjelaskan, peranan penting dari media massa dan pers dalam memenuhi hak masyarakat Sulut untuk mengetahui dan mengembangkan pendapat umum, dengan menyampaikan informasi yang tepat, akurat dan benar.

“Hal inilah yang akan mendorong ditegakannya keadilan dan kebenaran dalam rangka mewujudkan supremasi hukum menuju masyarakat yang tertib,” ujar Roring mengutip sambutan Olly.

Olly menyebutkan pula, fungsi penting yang bisa dimainkan media massa sebagai media komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat mengenai kebijakan-kebijakan yang akan dan telah ditetapkan. Sekaligus juga sebagai sarana input dari masyarakat kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, sehingga mewujudkan komunikasi yang efektif dalam mencapai landasan bagi terjalinnya kerjasama antara masyarakat dan pemerintah.

Sebelumnya, Plt. Kepala Biro Protokol KKP Sulut, Clay June Dondokambey, dalam laporannya, mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut salah satunya untuk memperkuat sinergitas Pemprov Sulut dengan media massa.

Turut hadir pada kegiatan itu, Kabag Humas Pemprov Sulut Roy Saroinsong, pejabat eselon IV dan pegawai Bagian Humas pada Biro Protokol dan KKP Sulut. (ton)