Wagub Kandouw Serahkan Surat Remisi ke 1.402 Narapidana se-Sulut

surat remisi narapidana
Wagub Sulut Steven Kandouw, menyerahkan secara simbolis surat remisi kepada narapidana di Lapas Kelas II A Manado.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Sebanyak 1.402 narapidana di Sulawesi Utara (Sulut) mendapatkan remisi umum dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) pada perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-72.

Penyerahan remisi tersebut, diserahkan secara simbolis oleh Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, usai menjadi Inspektur Upacara (Irup) HUT RI ke-72, di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Manado, Kamis (17/8/17).

Dari total 1.402 narapidana Sulut yang mendapatkan remisi, 30 diantaranya mendapatkan remisi bebas.

“Saya berharap saudara tidak akan kembali ke rutan (rumah tahanan,red) lagi,” ujar Kandouw mengingatkan narapidana yang dapat remisi bebas, tidak melakukan kejahatan yang sama atau yang lainnya.

Sementara itu, ketika membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Kandouw mengatakan semua masyarakat Indonesia diminta untuk mensyukuri Negara Indonesia bisa berada pada HUT ke-72. Bangsa  Indonesia masih mampu eksis dan berdiri kokoh berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

“Karunia ini patut kita syukuri, kita bisa mampu eksis berdiri kokoh hingga saat ini. Oleh karena itu maknailah dengan sungguh-sungguh dan tanamkan empati untuk tetap mengingat masa lalu perjuangan para pahlawan kita,” terang Wagub saat membacakan sambutan Menkumham.

Lanjutnya, semua masyarakat di Indonesia diharapkan mengikuti sesuai tema yang digaungkan saat ini, yakni ‘Indonesia Kerja Bersama’.

“Tema ini sangatlah tepat. Marilah kita bersama bergandeng tangan, bahu membahu membangun negeri yang kita cintai ini Indonesia,” tandasnya.

Kandouw menambahkan, sudah saatnya masyarakat mengubah cara pandang, pola pikir, sikap dan perilaku, dan cara kerja yang berorientasi pada kemajuan dan kemoderenan, sehingga Indonesia menjadi bangsa yang besar serta mampu berkompetisi di tingkat dunia dan harus diwujudkan meskipun itu tidak mudah tetapi harus tetap optimis.

“Dirgahayu Indonesia. Tuhan Yang Maha Esa akan  senantiasa menjaga Indonesia, dan kami siap menjadi pelindungmu. Jayalah Bangsaku , Jayalah Negeriku,” tutup Kandouw kembali mengutip sambutan Menkumham.

Turut hadir pada upacara dan pemberian surat remisi tersebut, jajaran Forkopimda Sulut, dan para pejabat di Lingkup Pemprov Sulut. (ton)