Kantongi Sertifikat IAAF, Tondano Lake Marathon 2017 Dimatangkan

Sertifikat IAAF, Tondano Lake Marathon 2017 TONDANO, (manadotoday.co.id) – Selasa, 1 Agustus 2017, di ruang sidang kantor bupati Minahasa. Pemkab Minahasa menggelar rapat koodinasi pemantapan Tondano Lake Marathon 2017 yang akan digelar pada 5 Agustus 2017.

Rapat dihadiri Kepala Dinas Kepemudaan Dan Olahraga Siby Sengke, S.Sos, MAP, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Agustifo Tumundo, SE, M.Si, Perwakilan dari Polres Minahasa Effendy Tubagus, S.Sos, M.Si, Danny Saraun mewakili Dandim 1302 Minahasa, Ketua yayasan kawanua sedunia sebagai penyelenggara Tondano Lake Marathon 2017 Mieke Tumurang Renaud, Frank Malonda sebagai Manager Racing dunia lari, perwakilan dari SKPD-SKPD terkait, camat-camat, lurah serta hukum tua.

Sengke mengatakan Tondano Lake Marathon dibagi atas tiga kategori yaitu 42km (Full Marathon), 21km (Half Marathon) dan 10km, dia meminta camat-camat untuk menjaga kebersihan di setiap tempat yang akan dilintasi oleh peserta lari, juga kepada sekolah-sekolah di Minahasa khususnya di Tondano dimintauntuk mengambil bagian dalam kegiatan ini.

“Walaupun persiapan kegiatan ini sangat singkat namun diusahakan kegiatan ini harus berjalan dengan baik dan sukses,” urai Siby.

Dia meminta dukungan atas kegiatan ini karena ini merupakan kegiatan Internasional yang dilaksanakan di Minahasa yaitu di Danau Tondano.

Mieke Tumurang Renaud, dalam presentasinya meminta pihak-pihak terkait untuk memperbaiki jalan yang akan dilintasi, lubang-lubang yang ada di lintasan harus ditutup, juga menyediakan produk-produk dari Minahasa untuk dipamerkan, harus ada tenda kesehatan dan ambulance, serta meminta bagian umum untuk menyediakan konsumsi untuk 200 orang, kemudian berharap camat-camat, lurah serta hukumt yua untuk menyiapkan tempat proses pembuatan makanan khas desa, sambil meminta ibu-ibu PKK di desa dan kelurahan untuk bekerjasama.

Kepada para kepala-kepala sekolah agar menyiapkan anak-anak SD yang tidak ikut lomba supaya berdiri dipinggir jalan sambil memegang bendera-bendera kecil, bekerjasama dengan ibu-ibu PKK untuk menyediakan buah-buahan dan air mineral, dia pun menegaskan kegiatan ini harus diliput oleh media agar mendapat perhatian dari banyak orang, tujuan kegiatan ini adalah Sport and Tourism yaitu untuk menjual objek-objek wisata di Minahasa.

“Kegiatan ini sudah mempunyai sertifikat dari IAAF, sehingga otomatis terdaftar dalam kegiatan internasional,” ujarnya.

Selanjutnya, Frank Malonda sebagai Manager Racing Dunia Lari, mengatakan Tondano Lake Marathon merupakan lomba marathon terlama di Sulawesi Utara, berlari mengelilingi Danau Tondano, sejauh 42km, ini hanya terjadi di Minahasa, kegiatan ini merupakan sebuah kebanggaan bagi Sulawesi Utara khusunya di Minahasa.

Ssecara teknis seluruh perangkat lomba akan didistribusikan dari jam 3 pagi. Lomba marathon 42km akan dimulai dari jam 5 pagi, start dari depan Rumah Makan Pemandangan, finish terakhir diperkirakan selama 7,5 jam, lomba 21km dimulai dari jam 5:30 pagi start dari desa Toulimembet, finish terakhir diperkirakan selama 3,5 jam, dan untuk 10km dimulai dari jam 06:00, start dari Benteng Moraya diperkirakan akan finish selama 2 jam. Ketiganya akan finish di Taman God Bless Minahasa, dan untuk lomba 21km dan 10km penyerahan hadiah jam 08:00 sedangkan untuk 42km penyerahan hadiah jam 12:00 di Taman God Bless Minahasa, seluruh rangkaian acara berakhir di Taman God Bless Minahasa.

“Sampai saat ini peserta dari luar negri yang mendaftar sudah sekitar 200 peserta, sedangkan dari masyarakat lokal sudah 10.000 peserta. Kemeriahan ini akan kita bawa dalam marathon dunia, saya meminta dukungam pemerintah dan masyarakat,” ujar Malonda.

Diakhir rapat , Polres Minahasa diwakili Effendy Tubagus, S.Sos, menyampaikan kegiatan ini sudah dimonitor langsung oleh Bapak Kapolres Minahasa. Polres Minahasa akan mendukung penuh kegiatan ini dengan memberikan pengamanan, dam mengutus 50 personil untuk ikut serta dalam kegiatan, Polres Minahasa juga akan meninjau kembali lokasi dan jalur lintasan serta akan melakukan rekayasa lalu lintas. (Rom)