Bupati Instruksikan Semua Camat Minahasa Harus Ikut Festival Bukit Kasih

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Menjelang pelaksanaan Festival Bukit Kasih dalam rangka Pesona Minahasa 2017 pada  27 – 28 Juli, di Bukit Kasih Kanonang, Kecamatan Kawangkoan Barat, Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi meminta seluruh Camat agar terlibat dalam acara tersebut. Hal ini ditegaskan Bupati saat memimpin Rapat Dinas Pemkab Minahasa pada, Selasa (25/7/2017), di Ruang Sidang Kantor Bupati, yang diikuti oleh Sekdakab Jeffry Korengkeng SH MSi, para Asisten, Staf Ahli, Kepala Badan, Kepala Dinas dan Camat se-Minahasa.

“Saya minta semua Camat untuk terlibat dalam Festival Bukit Kasih nanti. Semua wajib mengutus Maengket dan sama-sama kita sukseskan” harap JWS.

Kepada Kadis Kebudayaan dan Pariwisata diminta untuk memberikan laporan siapa-siapa yang tidak mendukung kegiatan tersebut.

“Kadis Pariwisata laporkan siapa-siapa yang tidak ikut Festival Bukit Kasih ini” pinta JWS yang langsung disambut dengan kata “siap pak Bupati” oleh Plt Kadis Budpar Agustivo Tumundo SE MSi.

Adapun Festival Bukit Kasih ini akan memperlombakan empat (jenis) seni dan budaya daerah Minahasa, meliputi Lomba Tarian Maengket, Lomba Tarian Katrili, Lomba Musik Bambu dan Lomba Musik Kolintang.

Menurut Plt Kadis Agustivo Tumundo didampingi Plh Sekdis Jimi Pinangkaan SE MSi, Lomba Tarian Maengket akan diikuti oleh utusan Kecamatan se-Kabupaten Minahasa dimana tiap peserta wajib membawa 2 (dua) babak. Sementara untuk Lomba Tarian Katrili akan diikuti oleh utusan siswa dari seluruh SMP, SMA dan SMK di Kabupaten Minahasa dengan membawakan lagu Wals dan Mars. Sedangkan untuk Lomba Musik Bambu akan diikuti oleh Kelompok Musik Bambu umum yang berada di wilayah Sulawesi Utara dengan membawakan lagu wajib “O Ina Ni Keke” dan lagu pilihan bebas daerah atau nasional. Dan untuk Lomba Musik Kolintang akan diikuti oleh Kelompok Musik Kolintang umum di wilayah Sulawesi Utara dengan membawakan lagu wajib bebas daerah dan lagu pilihan bebas.

Untuk hadiah yang disiapkan, menurut Kepala Bidang Pariwisata Ir Diane Najoan selaku Ketua Panitia dan Sekretaris Panitia Joppy Jerry Rarung SE, meliputi Trophy Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, Trophy Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Trophy Sekdakab Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, Trophy Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Dr Olga Sajow-Singkoh MHum, Trophy Ketua DWP Minahasa Ny Seeve Korengkeng-Warouw dan Trophy Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSI, dengan Uang Tunai total nilai sejumlah R 50 Juta.

Diharapkan Najoan, peserta yang masih ingin mendaftar agar dapat menghubungi Panitia di nomor HP: 0852 40297444 (Diane) dan 085298023399 (Aybie) dengan tidak dipungut biaya pendaftaran alias gratis. (Rom)