James Sumendap dan Danrem 131 Santiago Cetak Sawah di Desa Esandom

James Sumendap ,Danrem 131 Santiago, Cetak Sawah ,Desa EsandomTOMBATU, (manadotoday.co.id) – Bupati Mitra James Sumendap SH, bersama Danrem 131 Santiago mencetak sawah di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur di Perkebunan Lolos. Dengan Luas Cetak Sawah 25 hektar dari total sebesar 100 hektar.

Sumendap dalam sambutannya mengatakan program pencetakan sawah merupakan program pemerintah pusat yang harus dilaksanakan.

“Lewat program pencetakan sawah ini para petani bisa termotivasi untuk kembali ke sawah karena beras merupakan salah satu ketahanan pangan kita,”harap Sumendap.

Sumendap menuturkan, lewat program pemerintah dalam hal ini presiden yang bekerjasama dengan TNI angkatan darat, diharapkan dapat mendukung para petani lewat cetak sawah.

“Jadi saya berharap agar lahan cetak sawah ini jangan dialihfungsikan jika dialihfungsikan akan berurusan dengan penegak hukum,” tegasnya.

Bupati juga menyampaikan banyak terima kasih kepada pemerintah pusat juga Danrem 131 Santiago yang telah melaksanakan pencetakan sawah di Mitra.

Sementara Danrem 131 Santiago, Brigjen TNI Sabar Simanjuntak S.IP. Msc, mengatakan kegiatan tersebut untuk mendampingi pihak dinas pertanian dan pemerintah Mitra dalam hal ini bupati, sekaligus juga mengawal program cetak sawah yang ada. Agar ada percepatan program cetak sawah dimana program tersebut adalah program dari pemerintah pusat.

“Ini menyangkut nawacita dari presiden dimana pembangunannya dimulai dari pinggiran dan dilanjutkan ke perkotaan,”jelas Simanjuntak.

Simanjuntak berharap, pengerjaan cetak sawah dapat dipercepat agar bisa segera digunakan untuk menanam padi. Mudah-mudahan dua minggu pengerjaan cetak sawah ini sudah selesai.

“Mudah-mudahan juga pada tahun depan lahan cetak sawah di Mitra bisa lebih luas. Tahun depan bila perlu jangan lagi 100 hektar, harus bisa jadi 300 hektar agar pencapaian target lebih mudah,”harapnya.

James Sumendap ,Danrem 131 Santiago, Cetak Sawah ,Desa EsandomDanrem berharap setelah sawahnya dicetak, langsung dimanfaatkan sebaik-baiknya. Jangan usai program ini berjalan, lahannya sudah tidak lagi dimanfaatkan untuk menanam padi.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Ir Elly Sangian Mitra dalam laporannya mengatakan pada tahun 2017 akan memulai cetak sawah bar. Dan Kabupaten Mitra mendapat alokasi lahan 100 hektar, dengan rinciannya Desa Esandom 25,4 hektar, Molompar 2 Utara 17 hektar, Toundanow 30,33 hektar, Lobu 27,63 hektar.

“Percetakan sawah ini untuk memantapkan swasembada beras dan menunjang program pemerintah dalam rangka swasembada pangan,”jelas Sangian.

Sangian menambahkan, Kabupaten Mitra pada 2017 ini akan tercetak sawah seluas 3.290 hektar, dan memberikan bantuan-bantuan baik bibit dan alsintan (alat pertanian).

“Ini melalui dukungan Pak Bupati guna mensejahterakan petani di Mitra,”tandas Sangian.

Diketahui Swasembada beras di Sulut, Kabupaten Mitra berada diurutan ke dua.(ten)