Gubernur Sulut Hadiri Haul Bung Karno ke-47

Haul bung karno
Gubernur Sulut Olly Dondokambey, mendampingi Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Menko PMK Puan Maharani serta sejumlah Menteri dan pejabat negara, pada acara Haul Bung Karno.

JAKARTA, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, menghadiri peringatan wafatnya (Haul) Presiden pertama RI Soekarno (Bung Karno), yang dilaksanakan di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (21/6/2017).

Kegiatan yang dirangkaikan dengan peluncuran buku berjudul ‘Bung Karno, Islam dan Pancasila’ turut dihadiri Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Menko PMK Puan Maharani.

Nampak hadir pada kegiatan tersebut, sejumlah Menteri Kabinet Kerja dan pejabat negara lainnya diantaranya Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Jaksa Agung Muhammad Prasetyo dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

“Dilaksanakannya acara Haul Bung Karno sebagai upaya menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai nasionalisme dan nilai-nilai kebangsaan serta jati diri bangsa Indonesia,” ujar Gubernur Olly.

Seperti diketahui, Soekarno lahir di Surabaya pada 6 Juni 1901. Dia kemudian wafat di Jakarta pada 21 Juni 1970. Kemudian keluarga besar Bung Karno menyelenggarakan acara Haul untuk pertama kalinya yang dihadiri oleh lingkup internal keluarga besar Bung Karno dan warga sekitar.

Setelah selama tujuh tahun berturut-turut acara Haul Bung Karno hanya dilaksanakan oleh intern keluarga Bung Karno saja maka tepatnya pada tahun 1978 Islan Gatot Imbata dan Sri Sukarno serta tokoh-tokoh masyarakat dan budayawan mencetuskan ide untuk mengadakan Haul Bung Karno secara terbuka dengan mengundang masyarakat umum. Hal itu kemudian menjadi tradisi turun temurun hingga pada saat sekarang ini. (ton)