Rambah Semua Kalangan, SAS Minta Penanggulangan HIV-AIDS Secara Terpadu

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) memintabagar penanggulangan HIV-AIDS dilakukan secara terpadu mengingat saat ini penyakit tersebut tekah meeambah semua kalangan.

SAS memberikan sambutan pada Rakor KPA Tomohon
SAS memberikan sambutan pada Rakor KPA Tomohon

 

Hal tersebut dikatakan SAS pada Rapat Koordinasi (Rakor) Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Di Aula Tulip Inn Kelurahan Paslaten Satu Tomohon Timur Kamis (15/6/2017).

SAS yang merupakan Ketua Pelaksana KPA Kota Tomohon mengatakan, di  Kota Tomohon dari total 148 kasus sampai Desember 2016, penyebaran sudah menyentuh semua lapisan masyarakat dengan berbagai faktor risiko.

Sesuai data jumlah pengidap tertinggi terdapat pada faktor risiko lewat heteroseksual sebanyak 124 kasus dan diikuti lewat penggunaan jarum suntik dan lainnya.

“Data kasus ini memperlihatkan bahwa penyebaran  HIV-AIDS telah menyentuh semua lapisan masyarakat. Jadi, harus ditanggulangi secara terpadu,” tandas SAS.

KPA Kota Tomohon lanjutnya,  berupaya melakukan pencegahan, penanggulangan HIV-AIDS secara terpadu dengan lintas sektor baik pemerintah, LSM maupun swasta dan seluruh lapisan masyarakat dengan melakukan program pencegahan, pengobatan, perawatan dan dukungan.

”Diharapkan kepada semua pihak terkait baik pemerintah, kalangan swasta, organisasi kemasyarakatan dan organisasi kepemudaan untuk bersama-sama bersinergi dalam menanggulangi penyebaran HIV-AIDS sebagai wujud kepedulian kita terhadap sesama khususnya di Kota Tomohon,”tambahnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut selaku narasumber  Sekretaris KPAD Sulut dr Meis Tangel Kairupan, Project Officer GFATM Dinas Kesehatan Provinsi Sulut Dra Evie Rondonuwu SH MKes, Kadis Sosial Kota Tomohon dr Jhon Lumopa MKes beserta jajaran, jajaran penerintah Kota Tomohon serta para peserta dan undangan. (ark)