GAMKI Sulut dan KNPI Manado Kolaborasi Mantapkan Negara Pancasila 

tmp-cam--511267497MANADO, (manadotoday.co.id) – Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sulut bekerjasama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Manado, sukses menggelar Focus Group Discussion (FGD), guna memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun 2017.

FGD yang mengangkat tema: “Kontemplasi Penghayatan Pengalaman Pancasila sebagai Dasar Ideologi dan Pandangan Hidup Bangsa” (membedah kelalaian, sistem ataukah amnesia sejarah), digelar di Rumah Kopi Billy (RKB) Megamas pada Sabtu, (20/5/2017).

Acara dibuka Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol) Sulut, Steven Liow, dirangkaikan dengan grand launching Lembaga Kajian Pemilu, Demokrasi dan Kebijakan Publik GAMKI Sulut, yang dipimpin Erick Kawatu selaku Direktur dan Winsi Kuhu sebagai sekretaris eksekutif.

Terungkap di FGD, kondisi sekarang atau sebagian presepsi masyarakat cenderung tidak lagi menghayati Pancasila.

“Padahal Pancasila merupakan perekat ideologi bangsa, melalui FGD ini dapat mengembalikan persepsi positif Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia,” ujar Erick Kawatu yang juga Ketua KNPI Manado.

Sementara narasumber lainnya, Johny Suak, menjelaskan posisi masyarakat tidak lagi pada tataran amnesia sejarah, karena ada kesalahan sistem, sehingga Pancasila sudah tidak lagi menjadi pedoman kehidupan berbangsa.

Ketua GAMKI Sulut, Meidy Tinangon, mengatakan, KNPI merupakan perekat pemuda Indonesia. Untuk itu tugas kita saat ini adalah mengkontruksikan sesuatu yang telah retak, namun butuh kerja keras untuk dikembalikan.

“Ide atau gagasan serta rencana aksi sangat penting merespon ancaman disintegrasi dan retaknya ikatan sosial kebangsaan. Media sosial perlu mendapat perhatian supaya kehadirannya positif bagi perekat perbedaanl,” jelas Tinangon. (Rom)