Olly: Keuangan Negara Harus Dikelola dengan Baik

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, menyatakan aspek transparansi, efektivitas, efisien, dan akuntabilitas merupakan karakteristik penting dalam penyelenggaraan pemerintahan untuk mewujudkan good and clean governance. Hal itu disampaikan Olly, melalui Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, ketika membuka Sosialisasi Perencanaan, Monitoring Evaluasi Pengadaan dan Daftar Hitam Tahun Anggaran 2017 dilaksanakan di ruang C.J Rantung kantor gubernur Sulut, Selasa (9/5/2017).

“Keuangan negara baik melalui APBN, APBD sangat terkait dengan proses pengadaan barang dan jasa sehingga jika tidak dikelola dengan baik, maka akan sangat mempengaruhi tingkat kesuksesan dan kegagalan pembangunan,” ujar Silangen, mengutip sambutan Gubernur Olly.

Lanjutnya, ini sangat penting untuk dicermati, dimana pengadaan yang kredibel akan mendorong efisiensi dan efektifitas pegelolaan keuangan negara, sehingga dari pengadaan barang/ jasa pemerintah dapat dipertanggungjawabkan dari segi administrasi, keuangan dan fisik, maupun bagi terwujudnya kelancaran tugas pemerintah dan pelayanan masyarakat.

Silangen menegaskan, harus disadari kesemuanya itu sangat bergantung pada paripurnanya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penerapan sistem pengadaan barang/jasa yang mampu menunjang terciptanya tata pemerintahan yang baik.

“Oleh karena itu melalui kesempatan ini saya mengajak peserta untuk mensukseskan pelaksanaan kegiatan ini, dengan memberikan fokus dan perhatian penuh terhadap setiap substansi materi yang dijelaskan jadikan sosialisasi ini sebagai wahana saling berbagi ide dan informasi melalui komunikasi tanya jawab , sehingga akan terjalin tranfer knowledge yang efektif, guna peningkatan informasi dan pengetahuan terkait barang/jasa serta daftar hitam para penyedia yang masih terkena sanksi untuk mengikuti barang/jasa,” tukas Silangen.

Diketahui, hadir pada kegiatan tersebut, Deputi Bidang Monitoring -Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi LKPP, Sarah Sandiqa, Kepala Biro Infrastruktur Jemmy Ringkuangan dan Pejabat dilingkup Pemprov Sulut. (ton)