Satu-Satunya di Sulut, Tomohon Terpilih Ikut Gerakan 100 Smart City

JAKARTA, (manadotoday.co.id)–Kota Tomohon terpilih dan masuk di 25 Kota dan Kabupaten untuk mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City dan menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Hengkie Y Supit SIP, Kadis Kominfo Kota Tomohon
Hengkie Y Supit SIP, Kadis Kominfo Kota Tomohon

Ini setelah dalam penilaian 2-3 Mei 2017 lalu di Jakarta berdasarkan Surat Undangan Kemenkominfo Nomor S.204/KOMINFO/DJA/AI.01.05/04/2017 tentang Undangan Mengikuti Program Penilaian (Assesment) Dalam Rangka Program Gerakan Menuju 100 Smart City, Tomohon dinyatakan lulus.

Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo)  diwakili  Sekretaris Dinas Drs  Zetly F Pontoan didampingi staff ARWH Roeroe.

Hasil penilaian tersebut, menyatakan Kota Tomohon lulus seleksi 25 kota dan kabupaten yang berhak ikut dalam Gerakan Menuju 100 Smart City. Hal ini didasarkan atas Surat dari Kemenkominfo Nomor : 265 Koominfo/DJAI/AI.01.05.05/2017 tentang Penyampaian Hasil Seleksi Assesment Gerakan Menuju 100 Smart City tertanggal 05 Mei 2017.

Dalam surat tersebut Pemerintah Kota Tomohon dimintakan untuk mempelajari Draf Kesepakatan bersama antara Kementerian Kominfo dengan Pemerintah Daerah yang kemudian dikonfirmasi ke Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo.
Adapun 25 daerah yang masuk dalam Program ini terdiri dari 12 Kabupaten dan 13 Kota di dalamnya Kota Tomohon jadi satu satunya di Sulut.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengapresiasi kinerja instansi teknis dalambhalbini Dinas Kominfo. ”Tentunya ini menjadi modal kita menuju Kota Cerdas. Harus ada  komitmen yang kuat agar implementasinya bukan hanya retorika tapi harus memberikan dampak yang nyata dalam meningkatkan pelayanan publik,” kata Eman.

Memyambut apresiasi dari wali kota, Kepala Dinas Komunikasi dan Infromatika Kota Tomohon Hengkie Y Supit SIP sebagai instansi teknis yang menangani program ini menyatakan kesiapannya mewujudkan Tomohon Smart City.

“Diskominfo sementara menyiapkan infrastruktur jaringan, penguatan SDM dan regulasi pendukung,” katanya.

Dijelaskannya bahwa Program pemerintah pusat ini akan mulai action setelah wali kota mengikuti Launching Gerakan Menuju 100 Smart City Indonesia  22-23 Mei 2017 di Makasar.

”Juli nanti akan dimulai  pendampingan melalui TOT di mana nara sumbernya berasal dari Kemenkominfo,” tujas Supit. (ark)

25 Daerah Lulus Assesment Gerakan 100 Smart City

1. Kota Semarang

2. Kabupaten Banyuwangi

3. Kabupaten Badung

4. Kota Makassar

5, Kabupaten Gresik

6. Kabupaten Purwakarta

7. Kota Tangerang Selatan

8. Kota Sukabumi

9. Kota Bekasi

10. Kota Samarinda

11. Kota Tangerang

12. Kabupaten Banyuasin

13. Kota Bandung

’14. Kabupaten  Sleman

15, Kota Bogor

16. Kabupaten Siak

17, Kota Jambi

18. Kota Cirebon

19. Kabupaten Bojonegoro

20. Kabupaten Kutai Kartanegara

21. Kota Singkawang

22. Kota Tomohon

23, Kabupaten Pelalawan

24, Kabuoaten  Mimika

25. Kabupaten Sidoarjo