Walikota Bitung Hadiri Musrenbang RKPD Provinsi Sulut

tmp-cam-1372271512BITUNG, (manadotoday.co.id) – Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban SE MSi, menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) 2018, di Grand Kawanua International City (GKIC) Manado, Selasa (25/4/2017).

Kegiatan tersebut dibuka Gubernur Sulut Olly Dondokambey, lewat pemukulan tetengkoren yang dalam sambutannya mengatakan, perencanaan pembangunan yang baik akan menentukan keberhasilan pembangunan Sulut, sehingga sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah untuk melaksanakan sebaik mungkin di setiap aspeknya.

“Kita harus mewujudkan Sulawesi Utara yang berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam politik dan berkepribadian dalam budaya,” katanya.

Usai mengikuti kegiatan tersebut, Walikota Bitung Maximilian Jonas Lomban menjelaskan bahwa kegiatan Musrenbang merupakan sarana untuk merumuskan rancangan akhir RKPD, ajang koreksi, klarifikasi dan penajaman terhadap rancangan RKPD 2018, dan selanjutnya ditetapkan dalam bentuk peraturan gubernur.

“Pada Musrembang RKPD jumlah usulan yang disampaikan 1.812. Diterima 1.074 usulan dan yang ditolak sejumlah 738 usulan, dimana ada sekitar 39 usulan yang diberikan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, sekaligus merupakan usulan dengan jumlah paling sedikit,” tukasnya.

Diketahui pelaksanaan Musrembang RKPD Provinsi Sulut, dirangkaikan dengan penandatanganan berita acara pelaksanaan Musrenbang antara Gubernur dan para kepala daearah di Sulut dan penyerahan pemenang kabupaten/kota dengan perencanaan terbaik, dimana Kota Bitung masuk pada urutan ketiga perencanaan kota terbaik.

Turut hadir Sekretaris Kemenko Perekonomian Dr Lukita Tuwo, Staf Ahli Menteri Bidang Pemerataan dan Kewilayahan Kementerian PPN/BAPPENAS Taufik Hanafi, Kepala Badan Perencanaan Infrastruktur Wilayah Kementerian PUPR Ir Rido Matari Ichwan Mcp, Sekdaprov Sulut Edwin H Silangen SE MSi, jajaran Forkopimda dan pejabat lainnya.(kys)