Tomohon Ikut Kegiatan MEPRAPKT di Palu

PALU, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota Tomohon mengutus Staf Ahli Albert J Tulus SH, Asisten Umum Novi Politon SE serta sejumlah pejabat di kegiatan Monitoring dan Evaluasi progress Rencana Aksi Pencegaham Korupsi Terintegrasi (MEPRAPKT) yang dilaksanakan di Kota palu Sulawesi Tengah Selasa (11/4/2017).

Asisten Umum dan Staf Ahli Bidang ekonomi dan Pembangunan bersama KPK
Asisten Umum dan Staf Ahli Bidang ekonomi dan Pembangunan bersama KPK

Kegiatan ini difasilitasi Satgas Korsup Pencegahan Korupsi KPK-RI, dipimpin Tommy Murtono. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan atau progres rencana aksi, program dan kegiatan yang sudah dilaksanakan daerah-daerah yang telah melakukan MoU dengan KPK dalam rangka pencegahan korupsi terintegrasi.

Wakil Wali Kota Palu Sigit “Pasha Ungu” Purnama dalam sambutanya mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan pemerintahan yang akuntabel, responsif dan transparansi.

Dalam waktu dekat KPK akan mengunjungi kabupaten dan kota yang telah melaksanakan MoU, untuk melihat secara langsung progres dari rencana aksi yang telah dilaporkan sebelumnya.

KPK mengapresiasi Pemkot Tomohon yang telah menunjukkan progres seperti telah mulai dibangunnya kantor pelayanan terpadu, pelaksanaan e-musrenbang dan e-proposal, pengadaan infrastruktur TIK dan penyiapan regulasi-regulasi dalam rangka pelaksanaan e-government.

‘’KPK berharap Pemkot Tomohon sudah melimpahkan semua pengurusan izin ke DPMPTSP paling lambat bulan Mei 2017. Aplikasi-aplikasi yang nantinya akan digunakan harus diverifikasi dulu oleh KPK sebelum launching,’’ ungkap Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Albert J Tulus SH, yang diutus dalam kegiatan tersebut.

Tulus sendiri ,mewakili wlai kota melaporkan progres Pemkot Tomohon, terkait penganggaran keuangan, sistem pelayan terpadu satu pintu, pelaporan LHKPN, rencana sosialisai grativikasi bagi SKPD dan studi banding terkait Kesejahteraan Pegawai.

Tak lupa juga mengundang daerah-daerah yang hadir di kegiatan tersebut untuk hadir serta mengambil bagian dalam pelaksanaan Tomohon International Flower Festival (TIFF) yang akan dilaksanakan Agustus mendatang.

Tomohon juga diundang Pemkot Palu untuk menghadiri Festival Palu Nomoni yang akan dilaksanakan September mendatang.

Turut hadir pada kegiatan ini Asisten Umum Novi Politon SE, Kepala Badan BKPPD Drs Daniel Pontonuwu, Kepala Dinas DPMPTSP Ir Nova Rompas MSi, Sekretaris Dinas  Keuangan John Liuw SPi, Sekretaris Bapelitbangda Royke Tangkawarouw ST MSi, Sekretaris Dinas Kominfo Drs Zetly Pontoan. (ark)