Penerima Rastra Berkurang, Pertanda Masyarakat Tomohon Makin Sejahtera

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Dari tahun ke tahun, jumlah penerima Beras  Sejahtera (Rastra) atau dulu dikenal Raskin di Kota Tomohon makin berkurang. Ini menandakan Masyarakat Tomohon makin sejahtera.

Wawali SAS saat membuka kegiatan
Wawali SAS saat membuka kegiatan

Hal tersebut dikatajan Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) saat membuka Pembinaan Penyaluran Subsidi Beras Sejahtera (Rastra) bagi masyarakat berpendapatan rendah  tahun 2017 yang dilaksanakan Bagian Perekonomian Setdakot Tomohon di Aula Lantai 3 Kantor Wali Kota Tomohon Kamis (6/4/2017).

Sebagaimana hasil konsultasi Pemerintah Kota Tomohon di Pokja Data Kementerian Sosial Republik Indonesia, di Kota Tomohon telah terjadi penurunan jumlah penerima manfaat Rastra.

Jika pada tahun 2016 jumlah penerima manfaat mencapai 5.445 keluarga, pada tahun 2017 ini jumlah keluarga penerima manfaat berkurang sebanyak 544 keluarga atau 10 peraen dari jumlah tahun 2016 sehingga total keluarga penerima manfaat menjadi 4.901 keluarga.

”Dengan data ini maka nampak telah terjadi penurunan status keluarga yang tergolong miskin di Kota Tomohon,” kata SAS.

Pemerintah Kota Tomohon memberi apresiasi kepada Pemerintah Kecamatan dan para lurah khususnya atas kinerja selang tahun 2016 lalu dalam penyaluran beras bagi keluarga penerima manfaat.

Karena sebagaimana laporan dari Perum Bulog bulan Februari 2017 lalu, Kota Tomohon telah lunas 100 persen dalam hal pencapaian realisasi harga tebus Rastra di titik distribusi dan diharapkan kinerja ini dipertahankan setiap bulannya hingga sepanjang tahun 2017 Ini.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Tomohon Harny Korompis SE dalam laporannya mengatakan, Program Beras Sejahtera (Rastra) yang sebelumnya dikenal dengan Beras Miskin (Raskin) merupakan program pemerintah pusat yang memberikan subsidi beras bagi masyarakat yang berpendapatan rendah dengan tujuan untuk mengurangi beban pengeluaran  Rumah Tangga Sasaran-Penerima Manfaat (RTS-PM) dalam memenuhi kebutuhan pangan.

Peserta Pembinaan Penyaluran Rastra di Kota Tomohon
Peserta Pembinaan Penyaluran Rastra di Kota Tomohon

Dengan sasaran berkurangnya beban pengeluaran Rumah Tangga Sasaran (RTS) dalam mencukupi kebutuhan pangan beras melalui penyaluran beras bersubsidi sebanyak 15kg/RTS/bulan dengan harga tebus Rp1.600/kg.

Kegiatan dihadiri dihadiri oleh Asisten Bidang Perekonomian Setda Kota Tomohon Ronni Lumowa SSos MSi, Kepala Bagian Perekonomian Biro Perkonomian dan SDA Setda Propinsi Sulawesi Utara
Sony Runtuwene yang juga nara sumber, Kepala Perum Bulog Divisi Regional Taufan Akib (narasumber), Kepala Seksi Distribusi BPS Kota Tomohon Denny Golioth SE serta para camat dan lurah se-Kota Tomohon. (ark)