Pemkot Tomohon Gelar Rakor Evaluasi Pengawasan Realisasi Anggaran Januari-Februari 2017

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Keuangan Daerah Senin (27/3/2017) menggelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakor) Evaluasi Pengawasan Realisasi Anggaran (EPRA) Januari dan Februari 2017 bertempat di Aula Kantor Wali Kota Tomohon.

Rapat Koordininasi EPRA Januari-Februari 2017
Rapat Koordininasi EPRA Januari-Februari 2017

Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan dalam sambutannya mengatakan, pemerintah Republik Indonesia sejak tahun 2013 lalu telah beberapa kali melakukan spending review untuk menekan inefesiensi penggunaan anggaran di tingkat kementrian/lembaga dan pemerintah daerah.

Kecenderungan yang terjadi menurut penelitian Menteri Keuangan RI Sri Mulyani yakni masih banyaknya pemerintah daerah yang membuat perencanaan anggaran secara tidak matang dan terkesan hanya asal jadi.

”Jika praktek tersebut terus dilakukan maka dampaknya tidak akan bagus pada daya efektivitas dari instrumen fiskal untuk mencapai tujuan nasional,” katanya.

Kecenderungan penyerapan anggaran belanja yang menumpuk pada akhir tahun masih terjadi berulang setiap tahunnya. Secara makro hal ini akan berakibat terhadap pertumbuhan perekonomian, inefesiensi kegiatan serta adanya pemborosan dalam penggunaan dana tanpa memperhatikan hasil.

“Untuk itu, saya selaku Wakil Wali Kota Tomohon, menugaskan kepada Tim Evaluasi Pengawasan Realisasi Anggaran dan seluruh perangkat daerah agar menambahkan perhitungan angka gini rasio yakni koefesien gini untuk seluruh program dan kegiatan sebagaimana yang telah diperintahkan,” tandas wakil wali kota.

Sekretaris Kota Tomohon Ir Harold Viktor Lolowang MSc MTh mengingatkan kepada 43 Perangkat Daerah untuk realisasi penyerapan anggaran dapat sesuai dengan target yang diberikan.

Kepala Badan Keuangan Daerah Drs Gerardus E Mogi mengatakan, kegiatan iji sangat penting sebagai evaluasi sejauh mana realisasi anggaran yang telah dilaksanakan.

Hadir pada Rakorev  Inspektur Kota Tomohon Ir Djoike Karouw MSi Selaku Wakil Ketua EPRA, Asisten Kesejahteraan Rakyat Dra Truusje Kaunang, Asisten Perekonomian Ronni Lumowa SSos MSi, Asisten Umum Novi Politon SE dan jajaran Pemerintah Kota Tomohon. (ark)