Pemkot Bitung Seriusi Sektor Pariwisata

Wawali Bitung saat mengunjungi salah satu objek wisata didampingi Sekkot Bitung Audy Pabgemanan dan Kadis PU Bitung Ruddy Theno
Wawali Bitung saat mengunjungi salah satu objek wisata didampingi Sekkot Bitung Audy Pabgemanan dan Kadis PU Bitung Ruddy Theno

BITUNG, (manadotoday.co.id)-Peningkatan sektor pariwisata terus mendapatkan perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung.

Hal ini dibuktikan dengan kunjungan yang dilakukan oleh Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri bersama Sekertaris Kota Bitung Audy Pangemanan MSi, pada sejumlah objek wisata Kota Bitung diantaranya Kecamatan Lembeh Utara, Selasa (21/3/2017).

Mantiri, disela-sela kegiatan ini mengatakan kunjungan di sejumlah objek wisata dalam rangka untuk melihat secara langsung lokasi serta sarana dan prasarana yang nantinya ditata sesuai dengan rencana dan program Pemkot Bitung, guna memberikan rasa aman dan nyaman terhadap wisatawan yang dating berkunjung.

“Tujuannya untuk memaksimalkan pariwisata dalam rangka menunjang pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

Dalam mengembangkan sector yang dapat memberikan kontribusi Pendapatan Asli Daerah, pihaknya menurut Mantiri akan memberdayakan penduduk lokal sehingga memberi nilai ekonomi.

“Penduduk lokal nantinya akan dibekali dengan keterampilan lewat pelatihan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kota Bitung, untuk memberikan pemahaman tentang kepariwisataan sehingga, bentuk keterlibatan masyarakat lewat penyediaan fasilitas akomodasi berupa rumah-rumah penduduk (home stay), penyediaan kebutuhan konsumsi wisatawan, pemandu wisata, penyediaan transportasi lokal, pertunjukan kesenian, dan lain-lain akan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat,” tutur Mantiri.

Senada, Sekkot Bitung Audi Pangemanan menilai pengembangan pariwisata harus merupakan pengembangan yang berencana secara menyeluruh, sehingga dapat diperoleh manfaat yang optimal bagi masyarakat, baik dari segi ekonomi, sosial dan cultural. Perencanaan tersebut harus mengintegrasikan pengembangan pariwisata kedalam suatu program pembangunan ekonomi, fisik, dan sosial.

“Pengembangan wisata alam dan wisata budaya dalam perspektif kemandirian lokal merupakan perwujudan interkoneksitas dalam tatanan masyarakat yang dilakukan secara mandiri oleh tatanan itu sendiri, guna meningkatkan kualitas tatanan dengan tetap memelihara kelestarian alam dan nilai-nilai budaya lokal, serta obyek wisata alam dan wisata budaya yang ada,” paparnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Kota Bitung AKBP Filemon Gintin SIK MH, Kadis PU Bitung Rudy Theno serta instansi terkait lainnya.(kys)