Gubernur Sulut: KEK Bitung Jalan Terus!

Gubernur Sulut Olly Dondokambey, ketika memimpin rapat percepatan pembangunan KEK di Hotel Peninsula Manado
Gubernur Sulut Olly Dondokambey, ketika memimpin rapat percepatan pembangunan KEK di Hotel Peninsula Manado

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, menegaskan, program Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, jalan terus.

“Semuanya harus concern. Program KEK Bitung terus berjalan,” kata Olly, dalam rapat percepatan pembangunan KEK di Hotel Peninsula Manado, Selasa (28/2/2017).

Menurutnya, proyek KEK ditetapkan melalui Peraturan Presiden (Perpres) nomor 3 tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Kendati masih ada gugatan terhadap status lahan yang menjadi bagian dari KEK Bitung, namun Olly mengaku telah menyampaikan kendala itu ke Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo.

“Gugatan ke pengadilan terkait lahan KEK sudah saya sampaikan bapak presiden agar tidak mengambat proses pembangunan KEK,” tegasnya.

Lanjutnya, sejumlah pembangunan infrastruktur penunjang KEK Bitung akan terus dikerjakan, diantaranya pengembangan International Hub Port (IHP).

“Koordinasi semua pihak untuk memastikan pengembangan International Hub Port (IHP) berjalan lancar. Kita harus selalu berkoordinasi.

Ini penting agar kendala yang ditemui bisa dicarikan solusinya sehingga pengembangan pelabuhan dan pembangunan KEK Bitung berjalan lancar,” tegasnya.

Hadir pada rapat tersebut, Direktur Jenderal Pengadaan Tanah Kementerian ATR/BPN Arie Yuriwin dan Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo, dan pejabat terkait di Lingkup Pemprov Sulut. (ton)