Lelang Terbuka, 18 Peserta Seleksi Berebut 7 Jabatan di Pemkot Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Pemerintah Kota Tomohon Jumat (3/2,2017) melalui Panitia Seleksi (Pansel) menggelar seleksi 18 pejabat yang memperebutkan 7 jabatan dalam lelang terbuka.

SAS menyematkan tanda peserta seleksi
SAS menyematkan tanda peserta seleksi

Ketujuh jabatan yang dilelang adalah Asisten Administrasi Umum, Sekretaris DPRD, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah serta Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.

Kegiatan dibuka Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) bertempat di Aula Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Tomohon.

Dalam sambutannya, SAS mengatakan,  tata cara pengisian jabatan pimpinan tinggi di lingkungan instansi pemerintah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2014, sebagai pedoman bagi instansi pemerintah dalam pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka.

”Untuk menduduki jabatan pimpinan tinggi instansi pemerintah harus melakukan seleksi secara terbuka. Pelaksanaan seleksi jabatan didasarkan pada kebijakan dan manajemen ASN yang dilakukan sesuai dengan kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, rekam jejak jabatan, integritas, moralitas, sesuai kinerja, adil dan wajar dengan tidak membedakan agama, ras, latar belakang politik, warna kulit, asal usul, jenis kelamin status perkawinan dan umur,” kata SAS

Ketua Pansel Dr Tommy Sumakul SH MH selak
menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk terselenggaranya seleksi calon pimpinan tinggi pratama pemerintah Kota Tomohon yang transparan, objektif, kompetitif dan akuntabel.

Para peserta seleksi
Para peserta seleksi

“Sasarannya yakni terpilihnya calon pimpinan tinggi pratama pada tujuh jabatan yang dilelang terbuka di Pemerintah Kota Tomohon yang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan,” ucap Sumakul.

Sebenarnya lanjut Sumakul, yang mendaftar ada 19 orang yakni 18 dari Tomohon dan 1 dari Provinsi Sulut. Namun yang lulus berkas untuk mengikuti seleksi hanya 18 orang.

Turut hadir pada kegiatan tersebut panitia seleksi lainnya masing-masing JohanisTimbuleng MPA dan  Ir Agnes Mandagi MT. Hadir pula mantan Kepala BKD Masna Pioh SSos yang saat ini menjabat Kadis Pariwisata Kota Tomohon. (ark)