Satpol PP Tomohon Siap Amankan Natal dan Tahun Baru

Wali Kota Tomohon Pembina Apel Pengamanan Natal dan Tahun Baru Sastpol PP
Wali Kota Tomohon Pembina Apel Pengamanan Natal dan Tahun Baru Sastpol PP

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota Tomohon melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) siap mengamankan Hari Raya Keagamaan yakni Natal dan Tahun Baru.

Untuk itu, bertempat di Kantor Wali Kota Tomohon, JUmat (2/12/2016) dilaksanakan Ape Siaga Satpol PP yang terdiri dari 297 personil, sebagai tanda kesiapan, kesigapan dan kekompakan dalam melaksanakan pengamanan.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak yang tampil sebagai Pembina Apel. Sementara  Dandim 1302 Minahasa Letkol Mohammad Andy Kusuma SSos mengatakan, pengecekan kesiapan apel diawali dengan semangat dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sehari-hari.

Yakni melaksanakan tugas secara santun  dan humanis karena kita sebagai pelayan masyarakat harus bersabar dalam menangani  masalah dan usahakan dapat diselesaikan tanpa kekerasan.

‘’Tetapi kalau dibutuhkan dengan cara yang keras ya harus dilaksanakan demi keamanan dan kenyamanan dalam masyarakat,’’ tandas Dandim.

Selanjutnya Kapolres Tomohon AKBP Monang Simanjuntak SIK menambahkan , Satpol PP Kota Tomohon  harus memiliki landasan moral dan hukum terpatri dalam diri masing-masing. Dalam persiapan pengaman harus  paham dan optimal serta bersinergi dengan Polri dan nantinya akan diadakan latihan bersama.

Forkopimda bersama Satpol PP Kota Tomohon
Forkopimda bersama Satpol PP Kota Tomohon

Pemerintah Kota juga akan melibatkan satuan Linmas yang berjumlah 700 anggota dan tersebar di setiap lingkungan dan kelurahan yang nantinya akan membantu pelaksanaan pengamanan yang ada di masing-masing kelurahan.

‘’Sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang melekat pada setiap anggota Linmas, juga melakukan kegiatan jaga malam di masing-masing kelurahan, serta menjaga kegiatan ibadah di setiap gereja,’’ jata Kasat Pol PP James A H Rotikan SE.

Apel Siaga dihadiri Ketua DPRD Tomohon Ir Miky JL Wenur dan Ketua Pengadilan Negeri Tondano Julien Mamahit SH MH serta Kabag Humas dan Protokol Fransiskus Ferdinand Lantang SST. (ark)