Masyarakat Bisa Akses Pengadaan Barang dan Jasa Lewat SIRUP

Workshop SIRUP Pemkot Tomohon
Workshop SIRUP Pemkot Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Saat ini masyarakat sudah bisa mengakses pengadaan barang dan jasa di daerahnya masing-masing maupun secara nasional lewat Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP).

Hal ini diungkapkapkan Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ronni Lumowa SSos MSi saat membuka Workshop SIRUP versi 2.0 di Aula Lantai 3 Kantor Wali Kota Tomohon Senin (28/11/2016).

‘’Aplikasi SIRUP merupakan sistem informasi rencana umum pengadaan dengan berbasis web sebagai sarana atau alat untuk mengumumkan rencana umum pengadaan yang disusun oleh Pengguna Anggaran atau Kuasa Pengguna Anggaran (PA/KPA). Ini juga dapat mempermudah pihak PA/KPA dalam mengumumkan RUP-nya sehingga memudahkan masyarakat dalam mengakses secara langsung pengadaan barang/jasa secara Nasional,’’ kata Lumowa.

Ia berharap workshop ini dapat menambah pengetahuan dan pemahaman secara teknis tentang penginputan RUP pada sistem informasi rencana umum pengadaan bagi perencana dan admin RUP SKPD, sehingga nantinya akan dapat mempercepat proses pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah yang ada di Kota Tomohon.

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Royke Tangkawarouw ST MSi selaku unsur pelaksana kegiatan mengatakan workshop ini dimaksudkan untuk memberi acuan dalam menyusun rencana umum pengadaan, mewujudkan kesamaan pemahaman terhadap prosedur perencanaan pengadaan barang/jasa pemerintah, serta mewujudkan pengelolaan barang/jasa yang lebih optimal melalui perencanaan pengadaan yang lebih baik.

Narasumber dalam kegiatan admin LPSE Provinsi Sulawesi Utara Jefry Dumais dan unsur Bagian Pembangunan Setda Kota Tomohon.

Hadir sebagai peserta para Sekretaris Dinas/Badan/Satuan Pol PP/ kecamatan, para Kasubag yang membidangi perencanaan dan keuangan serta para operator SIRUP. (ark)