Sukses, Malam Apresiasi Guru Dalam Rangka HGN 2016 Kota Tomohon

Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan 9SAS)
Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan 9SAS)

TOMOHON, (manadotoday.co.id—Kegiatan Malam Apresiasi Guru yang dilaksanakan di Aula Koronka Matani Satu Tomohon Tengah dalam rangka Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2016 di Kota Tomohon Jumat (25/11/2016) berlangsung sukses.

Kegiatan bertajuk “Terima Kasih Guruku” yang dipilih dalam kegiatan ini seakan menyulap ribuan guru di Kota Tomohon untuk menghadiri kegiatan spektakuler tersebut.

Kegiatan itu sendiri diinisiasi pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah OSIS yang dipersembahkan bagi para pahlawan pendidikan di Kota Tomohon.

Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) saat membacakan sambutan mengatakan, profesi guru bermakna strategis karena penyandangannya mengemban tugas sejati bagi proses pemanusiaan, pencerdasan, pembudayaan, dan pembangunan karakter bangsa.

hgn-2‘’Tuntutan agar guru semakin profesional dan berkualitas terus-menerus diupayakan oleh pemerintah dan tentunya guru secara pribadi. Pemerintah Kota Tomohon berbangga dengan capaian pendidikan di Kota Tomohon angka rata-rata uji kompetensi guru tahun 2015 sebesar 57,37 yang merupakan tertinggi di Sulawesi Utara,’’ kata SAS.

Selanjutnya persentase guru berpendidikan minimal Strata Satu di Kota Tomohon  menyentuh angka 85 persen. Hal ini tentunya berdampak juga pada peningkatan presentasi guru dan siswa di Kota Tomohon, baik di tingkat provinsi maupun nasional bahkan hingga ajang internasional.

‘’Atas nama pribadi dan pemerintah, mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2016 dan HUT ke-71 PGRI kepada seluruh  guru di Kota Tomohon. ing ngarsa sing tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani,’’ tutup SAS mengutip kata-kata Ki Hadjar Dewantara.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah Kota Tomohon Drs Gerardus Mogi melalui Sekretaris Dinas Herung Pondaag SPd saat membawakan sambutan mengatakan, guru memiliki peran vital dalam menciptakan sistem pembelajaraan yang berkualitas.

Ketua Panitia HGN Drs Arnold Posumah MM bersama pemateri Seminar Guru Profesional
Ketua Panitia HGN Drs Arnold Posumah MM bersama pemateri Seminar Guru Profesional

Oleh karenanya dibutuhkan guru profesional dalam mewujudkan sistem pendidikan nasional yang bermutu dan bermartabat.

Ketua Panitia Pelaksana HGN Tahun 2016 di Kota Tomohon Drs Arnold Posumah MM mengungkapkan, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan adalah sehat, launching gerakan pramuka, lomba gerak jalan, seleksi akademik calon kepala sekolah, Diklat Fungsional Calon Pengawas, Pelatihan TIK kerjasama dengan microsoft indonesia, pelatihan senam otak, pelaksanaan guru pembelajar dan Sosialisasi Sasaran Kinerja Pegawai (SKP).

‘’Kegiatan lainya adalah seminar Guru Profesional dan lomba parade busana,’’ tukas Posumah.

Hadir pada kegiatan tersebut Sekretaris Kota Dr Arnold Poli SH MAP, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tomohon dr Olga Karinda MKes, Kepala Dinas Kesehatan dan Sosial Kota Tomohon dr Deesye Liuw MBiomed, para kepala sekolah se-Kota Tomohon, para guru se-Kota Tomohon dan siswa-siswi. (ark)