JWS Paparkan Pengembangan Danau Tondano di “World Lake Conference 2016” di Bali

DENPASAR, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS), tampil memukau menjadi Nara Sumber dalam The 16th World Lake Conference atau Kongres Danau se-Dunia 2016 yang berlangsung di Hotel Discovery Kartika Plaza, Bali, Selasa (8/11/2016).

Bupati JWS yang dipercayakan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE untuk mewakilinya menjadi Nara Sumber dalam kegiatan internasional ini memaparkan materi “Pengembangan Kawasan Danau Tondano bagi Peningkatan Sosial Ekonomi dan Penyelamatan Ekosistem Danau”.

Kegiatan yang dibuka dengan resmi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr Siti Nurbaya ini, dihadiri pula oleh Dirjen Pengendalian DAS dan Hutan Lindung KLHK Dr Hilman Nugroho, dan beberapa Dirjen serta Deputi dari Kementerian dan Lembaga Negara yang terkait.

Sementara Bupati JWS didampingi oleh Asisten II Sekdakab Dr Wilford Siagian MA, Kaban Lingkungan Hidup Ir Alva Montong, Kadis Kehutanan Ir Wenny Talumewo, Kabag Humas dan Protokol Agustivo Tumundo SE MSi dan Kasubag Sosnaker Kesra Dedit Telaumbanua SPt.

Dalam materinya, JWS menguraikan Danau Tondano dengan luas 4.670 Ha berfungsi multi sebagai Sumber energi listrik bagi 50.000 rumah di Sulut, Sumber air baku air minum, Sumber penangkapan ikan dan budidaya perikanan karamba jaring apung, Sumber irigasi bagi 3000 Ha sawah, Fasilitas wisata air dan sumber air panas serta Sarana media transportasi.

Dipandu moderator Dr Sabrina, Bupati JWS tampil bersama Gubernur Sumut, Gubernur Sumbar, Dirjen Pengelolaan Sampah dan B3 KLHK, Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Dirjen Perikanan Budidaya KKP dan Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kemenpar menjadi Nara Sumber di Sesi Dialog Kebijakan Penyelamatan Ekosistem Danau.

Usai materi, JWS menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta yang hadir dari berbagai Negara, Instansi, Provinsi, Perguruan Tinggi. (rom)