Bupati Minahasa “Kuliahi” Mahasiswa S2 Unsrat Manado

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS), membuka pelaksanaan Kuliah Lapangan Program Pendidikan Tata Kelola Pemilu Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, yang digelar di kantor KPUD Minahasa, Kamis (3/11/2016).

Kepada mahasiswa Program S2 UNSRAT yang diantar langsung oleh Koordinator Program Dr Ferry Daud Liando SIP MSi ini, Bupati JWS juga memberikan pokok-pokok pikiran terkait dengan evaluasi pelaksanaan Pemilu dan Pilkada di Provinsi Sulawesi Utara umumnya.

Dalam materinya Bupati JWS mengatakan bahwa mempelajari ilmu politik tidaklah cukup jika hanya mempelajari berbagai teori dalam literatur-literatur politik. Memahami politik akan sempurna jika terlibat dalam aktivitas politik. Politik itu skill, bukan hanya sekedar teori.

Bupati juga menjelaskan sejumlah persoalan terkait kepemiluan seperti perolehan kursi bagi setiap parpol yang terkesan tidak adil.

“Partai yang memperoleh suara paling banyak memperoleh kursi sama dengan parpol lain yang jumlah suaranya lebih kecil. Ini poin yang perlu di benahi dalam sistim kepemiluan kita,” katanya.

Yang menarik Bupati juga berbagi pengalaman terkait perjalanan kepemimpinan beliau dari seorang guru hingga menjadi Bupati.

Dalam kegiatan yang turut dibekali dengan materi oleh Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda MPd dan Ketua KPU Minahasa Meidy Tinangon MSi ini, diawali dengan Prakata Koordinator Program Ferry Daud Liando yang menyampaikan bahwa program kuliah lapangan ini merupakan kegiatan dengan tujuan memperkuat kapasitas mahasiswa agar memiliki kompetensi di bidang kepemiluan.

“Di kampus mahasiswa hanya belajar teori dan kebijakan, untuk melengkapi pengetahuan mereka perlu ada keseimbangan terkait fakta yang dihadapi penyelenggara kepemiluan,” ujar Liando.

Ditambahkannya program pendidikan ini berdiri atas kerja sama KPU RI, Bawaslu RI dengan 8 Perguruan Tinggi di Indonesia. (rom)