GSVL: Kehadiran Marinir Amerika Dukung Pariwisata Manado

Dampingi Gubernur Sulut Buka Latihan Bersama Militer AS dan Indonesia

MANADO, (manadotoday.co.id) – Dalam rangka mendukung hubungan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat, Walikota Manado DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA ikut mendampingi Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, menghadiri pembukaan latihan bersama marinir AS dengan TNI Angkatan Udara di Bandar Udara (Bandara) Internasional Sam Ratulangi Manado, Selasa (1/11/2016).

Kegiatan bertema ‘Cope West’ melibatkan ratusan tentara khusus marinir negeri Paman Sam Amerika Serikat yang didatangkan dari Pangkalan Militer AS di Okinawa Jepang, lengkap dengan beberapa pesawat tempur seperti F-18 superhornet. Sedangkan dari TNI AU, diback-up para pilot terlatih dengan pesawat F-16 termasuk pesawat hercules dan helikopter Super Puma. Latihan bersama tersebut diharapkan akan mempererat hubungan kerjasama Amerika Serikat dengan Indonesia khususnya daerah Nyiur Melambai Sulawesi Utara.

“Sebagai Walikota Manado, saya bangga dengan kehadiran tentara marinir Amerika Serikat di Propinsi Sulawesi Utara termasuk di dalamnya Kota Manado. Kehadiran mereka juga menunjang program Pak Gubernur Olly Dondokambey dalam mengembangkan pariwisata di Sulut,” ujar GSVL.

Lanjutnya, diharapkan selama berada di Manado, tentara Amerika Serikat bisa menikmati suasana yang menyenangkan. Sehingga, mnereka bisa menjadi duta untuk mempromosikan parawisata Manado kepada warga Amerika Serikat lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Dondokambey berharap latihan bersama tentara marinir AS dan Indonesia di Sulut ini bisa dilaksanakan setiap tahun. Apalagi, latihan ini ikut menjaga wilayah perbatasan Indonesia di Sulut.

“Saya berharap kegiatan latihan ini dilaksanakan setiap tahun di Sulut. Karena ini juga untuk meningkatkan keamanan di perbatasan kita,” tukas Gubernur.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Deputi Ambassador Duta Besar (Dubes) AS di Indonesia Brian Mc Feeters dan Konsul Jenderal (Konjen) AS di Surabaya Heather C Variava, Komandan Pangakalan Udara Sam Ratulangi (Danlanudsri) Kolonel (Pnb) Djoko Tjahjono, Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Wilmar Marpaung, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulut Edwin Silangen, dan para pejabat di Lingkup Pemprov Sulut. (*/ton)