Mor Bastiaan: Pelayanan Tanpa Pungli, Itu Kewajiban Bukan Prestasi

Wakil Walikota Manado, Mor Dominus Bastiaan SE, PungliMANADO, (manadotoday.co.id) – Proses pembuatan perijinan di Kota Manado yang belakangan ini kian membaik, tak membuat Wakil Walikota Manado, Mor Dominus Bastiaan SE puas.

Menurutnya, apa yang saat ini telah dicapai Tim Teknis Perijinan baik yang ada di BP2T (Badan Perijinan Pelayanan Terpadu), Dinas Tata Kota, Dispenda, Dinas Pariwisata, Bagian Perekonomian dan sejumlah SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Manado adalah sebuah kewajiban dan bukanlah sebuah prestasi yang harus dibanggakan.

Hal ini ditegaskan Wawali Mor saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi Perijinan dan Non Perijinan, Selasa (25/10) pagi tadi di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado.

“Saya minta kepada para pegawai yang tergabung dalam Tim Teknis perijinan, jangan kita cepat berpuas diri. Pelayanan tanpa Pungli, itu bukanlah sebuah prestasi namun suatu kewajiban yang harus dilakukan sebagai abdi negara. Untuk itu, diperlukan tekad dan kreatifitas kita pegawai untuk melakukan suatu perubahan yang intinya guna pelayanan prima ke tengah masyarakat,” tegas Wawali Mor.

Disisi lain, Wawali Mor menegasjan sebagai pelayan masyarakat, ASN juga dituntut untuk bisa melakukan pekerjaan, sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada.

“Disatu sisi kita membantu, tapi disisi lain kita jangan melanggar aturan. Jangan kita kompromi dengan hal-hal menyimpang soal perijinan, banyak contoh yang saat ini kita mulai rasakan. Seperti terjadinya ancaman banjir dimana-mana, kalau Dinas Tata Kota mengawasi perijinan bangunan secara ketat dan seksama. Maka ini Kota Manado pasti akan jadi bagus dan nyaman nantinya, begitu juga sebaliknya. Jika melakukan penataan kota secara semrawut, maka hasilnya akan semrawut hingga akan dirasakan anak cucu kita nantinya,” beber Wawali Mor serius. (*/tim)