Wagub Sulut: Polisi Pintar Bahasa Asing, Bantu Kemajuan Pariwisata Sulut

tmp-cam-779841969SULUT, (manadotoday.co.id) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Steven Kandouw, mengatakan, polisi pintar berbahasa asing akan membantu kemajuan sektor pariwisata Sulut. Hal ini dikatakan Kandouw, dihadapan para polisi yang telah menyelesaikan kursus bahasa mandarin dan inggris yang diselenggarakan Pemprov Sulut bersama Polda Sulut, di SPN Karombasan Manado, Selasa (13/9/2016).

Menurut Kandouw, dengan menguasai bahasa asing seperti bahasa inggris dan mandarin para polisi dapat membantu kemajuan pariwisata dengan memberikan berbagai informasi kepada para turis asing sehingga mereka tetap merasa aman selama melakukan kunjungan wisata di daerah nyiur melambai.

“Dengan diselenggarakannya kursus ini menjadi penunjang infrastruktur pariwisata, polisi wajib menguasai bahasa mandarin karena sebagai garda terdepan dalam melayani turis. Berbagai informasi terkait kenyamanan dan keamanan para turis ada di tangan polisi,” katanya.

Lanjut Kandouw, kegiatan ini memberi kontribusi yang besar bagi kemajuan pariwisata Sulut, segala aspek harus disiapkan secara matang agar pariwisata semakin bisa berkembang dan salah satu adalah kesiapan aparat keamanan dalam menguasai bahasa asing.

Kandouw pun menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Sulut Irjen Pol Dr.s Wilmar Marpaung yang telah memberikan kesempatan belajar bagi para polisi yang ada di jajaran polda sulut untuk belajar Bahasa asing guna menunjang program pemerintah dalam mengembangkan dunia pariwisata sulut.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sulut, AG Kawatu dalam laporan mengatakan Kursus bahasa asing kepada 100 orang polisi ini merupakan gagasan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw guna memantabkan kesiapan daerah Sulut dalam menyambut para wisatawan asing.

Pada kesempatan tersebut Kandouw juga menyaksikan simulasi percakapan para polisi bersama turis dengan menggunakan bahasa mandarin.
Di akhir kegiatan, Kandouw menyerahkan piagam dan kamus bahasa elektronik kepada para peserta yang telah menyelesaikan kursus. (ton)