Biro PemHumas Sulut Gelar Rakor Penanggulangan Bencana

SULUT, (manadotoday.co.id) – Biro Pemerintahan dan Humas (Pem-Humas) Setda Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menggelar rapat koordinasi penanggulangan bencana, yang dilaksanakan di ruang Mapaluse, kantor gubernur Sulut, Kamis (1/9/2016).

Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Sulut, Jhon Palandung, mengatakan, Sulut merupakan salah satu daerah rawan terjadinya bencana seperti tanah longsor dan banjir bandang dan telah beberapa kali melanda daerah ini yang telah banyak menelan korban jiwa dan kerugian material.

Hal ini dikarenakan letak geografi, kondisi topografi, keadaan iklim, faktor demografi, kondisi sosial ekonomi yang rawan bencana dan banyak penduduk kita tinggal di wilayah-wilayah perbukitan, lereng gunung, bibir pantai serta bantaran sungai yang nota bene rentan terjadi musiba bencana.

“Oleh karena itu, lewat kegiatan yang sangat penting dan bermanfaat ini, seluruh komponen masyarakat baik pemerintah, PMI, SAR, LSM, Tagana dan organisasi sosial kemasyarakatan lainnya, dalam upaya penanggulangan bencana di daerah ini harus ada kesamaan visi dan persepsi, koordinasi, dan sinergitas, kebersamaan dan kekompakan,” ujar Palandung.

Sementara Kabag Kemasyarakatan, Gorgonius Kountul, dalam laporannya, mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan ini untuk memberi gambaran, informasi tentang kebijakan penanggulangan bencana dan melakukan pemantauan serta evaluasi atas pelaksanaan resiko agar dapat mengurangi dampak resiko bencana serta pembuatan rencana pembangunan yang memasukan unsur-unsur kebijakan penanggilangan nencana.

Pada kegiatan yang diikuti instansi terkait penanggulangan bencana di daerah ini, menjadi narasumber Kepala BPBD Sulut, Noldy Liow, dan Karo Pemerimtahan dan Humas, Jemmy Kumendong. (ton)