Wali Kota-Wakil Wali Kota Tomohon Peduli Pendidikan Anak

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak saat memberikan sambutan sekaligus materi
Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak saat memberikan sambutan sekaligus materi

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Kepedulian terhadap pendidikan anak yang menjadi generasi EMAS terus ditunjukkan Wali Kota Jimmy F Eman SE Ak dan Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan. Selasa (28/6/2016), bertempat di Aula Karya Indah Kakaskasen I Tomohon Utara keduanya membawakan materi pada kegiatan  Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran PAUD.

Wali kota membawakan materi  ‘’Kebijakan Pemkot Tomohon ndalam mengembangkan Kurikukum PAUD’’, sementara wakil wali kota materi ”Integritas Kesehatan dan Pendidikan dalam Optimalisasi Tumbuh kembang Anak’’.

Dalam sambutannya, wali kota mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian dan keberpihakan Pemerintah Kota Tomohon terhadap dunia pendidikan.

‘’Melalui Keberhasilan dan kesuksesan pendidikan di Kota Tomohon secara konsisten tetap kita jaga dan pertahankan bahkan kita tingkatkan baik dari sisi kualitas maupun kuantitas,’’ katanya.

Dikatakannya, berbagai prestasi baik akademik maupun non akademik pendidikan di Kota Tomohon selalu yang terdepan. Demikian pula dari kualitas pendidik dapat dilihat dan terukur dari hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015 mencapai nilai 57,37 melebihi rata-rata nasional 55,00 dan rata-rata Provinsi Sulawesi Utara 51,65.

Hasil UKG Kota Tomohon merupakan yang tertinggi di Sulawesi Utara. Begitu pula secara kuantitas pendidikan dapat kita lihat dan terukur dari capaian Angka Partisipasi Kasar (APK) melampaui 100 persen setiap tahunnya.

‘’Satu kebanggaan bagi kita karena peningkatan angka harapan hidup, rata-rata lama sekolah dan pengeluaran perkapita sebagai acuan kemajuan dan perkembangan yang diukur lewat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terus mengalami peningkatan dan IPM Tomohon saat ini tertinggi di Sulawesi Utara,’’ tandas wali kota.

Eman juga mengingatkan bahwa generasi ke depan sangat bergantung generasi emas saat ini dan generasi emas saat ini bergantung dari sentuhan tenaga pendidik dan kependidikan saat ini pula. Karena itu setiap stakeholder pendidikan terus didorong kualitas dan kompetensi dari guru-guru di Kota Tomohon terutama dimulai dari guru-guru yang ada di Taman Kanak-Kanak.

Wali kota berharap agar kegiatan pengembangan kurikulum, bahan ajar dan model pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini dapat mengembangkan kurikulum PAUD, dapat membuat bahan ajar yang bermakna dan mampu menciptakan model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan bagi anak-anak usia dini.

Wali Kota dan Wakil ali Kota Tomohon di kegiatan Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran PAUD
Wali Kota dan Wakil ali Kota Tomohon di kegiatan Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran PAUD

Serta menjadi prinsip penyusunan dan pengembangan kurikulum PAUD adalah berpusat pada anak, kurikulum dikembangkan secara kontekstual, mencakup semua dimensi kompetensi dan pengembangan, pembentukan kepribadian anak, tingkat perkembangan anak, pembentukan kepribadian anak, mempertimbangkan cara anak belajar, satu kesatuan, belajar melalui bermain, pengalaman belajar dan memperhatikan melestarikan karakteristik social budaya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan daerah (Dikda) Kota Tomohon Drs Gerardus E Mogi didampingi Kepala Bidang PAUD Sonny Saruan MPd mengatakan di tahun 2016 ini, ada Dana Alokasi Khusus (DAK) PAUD BOP untuk 70 lembaga TK, KB dan SPS.

‘’Ini untuk pertama kalinya PAUD menerima dana DAK. Dananya akan ditransfer langsung ke rekening masing-masing lembaga pendidikan,’’ tukas Mogi dan Saruan. (ark)