Tomohon Pertama Terima LHP WTP di Seluruh Indonesia

Tomohon pertama terima Opini WTP se-Indonesia tahun 2016
Tomohon pertama terima Opini WTP se-Indonesia tahun 2016

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Selain mencetak hattrick, Kota Tomohon juga ternyata adalah daerah yang pertama menerima Opini WTP di seluruh Indonesia di tahun 2016.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI). ‘’Ini adalah kado yang sempurna karena merupakan bagian dari keberhasilan kami dalam memimpin seratus hari Kota Tomohon sejak dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon 17 Februari lalu,’’ kata Eman.

Wali Kota juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran karena sudah tiga kali berturut-turut meraih Opini WTP. ‘’Ini merupakan loncatan besar karena sebelumnya Opini Disclaimer dan WDP,’’ tukas Eman.

Ditambahkan Eman, dari sisi keterbukaan, maka teguran-teguran dan arahan dari tim BPK-RI ini juga yang membuat Kota Tomohon berhasil. Sebab tanpa ruang yang terbuka untuk melakukan konsultasi yang baik maka prestasi ini akan sulit kita dapat dan komitmen ini merupakan komitmen yang luar biasa.

‘’Saya memberikan apresiasi juga kepada DPRD Kota Tomohon yang melibatkan diri dan di tahun yang lalu kemitraan antara Pemerintah Kota dengan DPRD meraih yang terbaik di Indonesia dan mendapat penghargaan,’’ kata wali kota.

Eman mengakui ada sembilan yang merupakan kelemahan dalam disain dan penerapan system pengendalian intern dan sebanyak empat belas temuan yang terkait kepatuhan terhadap perundang-undangan.

Namun temuan-temuan tersebut menurut BPK secara langsung tidak berpengaruh terhadap laporan keuangan dan pemberian opini WTP. Oleh karena itu wali kota menegaskan Pemerintah Kota Tomohon tentu siap untuk menindaklanjuti ini bersama-sama.

Sementara Ketua DPRD Ir Miky JL Wenur dalam sambutanya memberikan ucapan selamat kepada Wali Kota Tomohon dan jajarannya yang kembali meraih WTP.

Menurutnya ini merupakan kewajiban yang harus dicapai oleh Pemerintah Kota Tomohon. (ark)