Ketua TP-PKK Sulut: Mari Selamatkan Perempuan Sulut

Ketua PKK Sulut Ritha Dodokambey-Tamuntuan, didampingi Wakil Ketua dr Kartika Devy Kandouw-Tanos
Ketua PKK Sulut Ritha Dodokambey-Tamuntuan, didampingi Wakil Ketua dr Kartika Devy Kandouw-Tanos

SULUT, (manadotoday.co.id) – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ritha Dodokambey-Tamuntuan mengajak instansi dan stakeholders terkait untuk berperan dalam menyelamatkan perempuan di Sulut.

“Saya harapkan cepat tanggap terhadap informasi penyakit kanker baik Rahim, payudara dan memberikan pelayanan secara cepat, agar tidak berisiko fatal khususnya bagi ibu-ibu,” ucap Ny Ritha Dondokambey-Tamuntuan didampingi Wakil Ketua TP-PKK Sulut dr Kartika Devy Kandouw-Tanos, ketika mencanangkan Program Nasional Gerakan Pencegahan Kanker Pada Perempuan Indonesia, menindaklanjuti inisiatif Ibu Negara RI Iriana Widodo.

Menurutnya, melakukan pencegahan dini terhadap penyakit kanker baik kanker rahim mapun payudara, dapat dilaksanakan secara berjenjang, dari pusat sampai ke daerah.

Sehingga, selain PKK perlu juga didukung oleh Dinas Kesehatan dan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. “Saya minta dukungan juga dari dinas terkait, baik provinsi maupun kabupaten dan kota di Sulut,” ujarnya.

Isteri Gubernur Sulut Olly Dondokambey menambahkan, kesehatan organ wanita sangat penting. Oleh karena itu, perempuan harus sehat, berkualitas. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk peduli terhadap kanker. dengan melakukan gerakan cegah kanker dengan deteksi dini.

“Saat ini ada upaya pencegahan kanker dengan tes Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) dan itu gratis di Puskesmas-puskesmas yang telah dipilih Dinas Kesehatan. Saya mengajak semua perempuan untuk melakukan tes, sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tukasnya. (ton)