Kemenko Maritim akan Bantu Sulut Lestarikan Bunaken

JAKARTA, (manadotoday.co.id) – Pembangunan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dibawa pimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, terus mendapat suport dari pemerintah pusat.

rizal ramly, edwin silangen, olly dondokambey, steven kandouw
Menteri Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli, bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Kaban Kesbangpol Sulut Edwin Silangen, dan sejumlah pejabat terkait di Kementerian Maritim

Kali ini, dari Kementeri Koordinator Maritim dan Sumber Daya RI, yang siap membantu Pemprov Sulut membangun dan melestarikan kembali kehidupan yang ada di taman laut Bunaken guna menunjang pertumbuhan pariwisata Sulut.

Pada pertemuan Gubernur Dondokambey dan Wagub Kandou dengan Menko Maritim Rizal Ramli, terungkap jika Kemenko Maritim telah melakukan koordinasi dengan beberapa Kementrian terkait guna memperbaiki kembali potensi pariwisata terbaik Sulut.

Dalam pertemuan itu, dibahas pula sejumlah kendala yang dihadapi saat ini yang mengakibatkan kerusakan alam di pulau bunaken, yang berdampak pada turunnya potensi kunjungan wisatawan.

Dari berbagai kendala tersebut, masalah paling krusial yang menyebabkan rusaknya lingkungan taman laut bunaken dan alam sekitar pulau bunaken adalah sampah, setiap hari kiriman sampah dari Manado, Minahasa dan Minahasa Utara, yang ada di perairan pulau bunaken semakin banyak.

“Khusus untuk daerah aliran sungai Tondano akan dilakukan sejumlah perbaikan agar masyarakat tidak membuang sampah di DAS yanh berujung mengotori teluk manado hingga taman laut bunaken,” ujar Menteri Rizal.

Disamping itu juga akan dilakukan perbaikan dalam manajemen organisasi pengelolaan lokasi wisata taman laut bunaken, agar pendapatan daerah guna menunjang pengoperasian kawasan wisata taman laut bunaken lebih jelas dan dapat juga mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

“Untuk memperbaiki sejumlah permasalahan tersebut ditargetkan dalam dua tahun kedepan objek wisata di pulau bunaken akan lebih baik lagi. Saya berharap kapada seluruh stakeholders terkait untuk mendukung penuh langkah yang dilakukan Gubernur ini, semuanya untuk kemajuan Sulut,” ujar Gubernur Dondokambey. (ton)