Pemkab Minahasa Gelar Rakor Monitoring Bantuan Raskin

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Pemkab Minahasa menggelar rapat koordinasi (rakor) monitoring Pelaksanaan Bantuan Masyarakat Miskin di Minahasa, yang digelar di Ruang Sidang Kantor Bupati, Tondano, Selasa (16/2/2016).

Kegiatan diikuti oleh para Camat, Lurah dan Hukum Tua se-Minahasa ini, dibuka Asisten II Sekdakab Minahasa Dr. SW Siagian MA.

Acara yang dihadiri Kepala Perum Bulog Divre Sulut Gorontalo Sabarudin Amrulah, dengan Nara Sumber Kabid Pelayanan Publik Bulog Ramadan Ruding dan Inspektur Kabupaten Minahasa Frits R Muntu SSos , Kaban BPMPD Djefry Sajow SH dan Kadis Sosial Royke Kaloh SH selaku Tim Koordinasi Raskin Minahasa, diawali laporan Kabag Adm Perekonomian Setdakab Philip Siwi SE.

Siagian menyebutkan, program raskin merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin.

“Berdasarkan Keputusan Gubernur Sulut Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Pagu Program Subsidi Beras bagi Masyarakat Berpendapatan Rendah di Provinsi Sulut 2016, Minahasa memperoleh pagu Raskin sebanyak 3.987.900 kg dengan Rumah Tangga Sasaran (RTS) 21.655 Keluarga yang akan menerima Raskin selama 12 bulan,” katanya.

Ditambahkan dia, untuk mencapai keberhasilan pelaksanaan Raskin, diukur berdasarkan tingkat pencapaian indikator yaitu; Tepat Sasaran, Tepat Jumlah, Tepat Harga, Tepat Waktu, Tepat Administrasi dan Tepat Kualitas.

Lanjut Siagian, selain itu pengelolaan Raskin didasarkan pada prinsip Keberpihakan RTS-PM, dimana RTS-PM memperoleh beras berkualitas baik, cukup sesuai alokasi dan terjangkau; Transparansi; Partisipatif, dan Akuntabilitas, ungkapnya.

Yang menjadi pembahasan utama dalam Rakor itu tentang penyaluran Raskin di Minahasa yang semakin membaik, dimana menurut laporan BULOG realisasi tahun 2015 mencapai 100 persen, walaupun masih terdapat piutang harga tebus raskin sebesar Rp 27.232.000,- pada 5 Desa/Kelurahan. (rom)