Wanita Akan Panjang Umur Jika Memiliki Banyak Anak, Studi Menemukan

Panjang Umur , telomerase
(foto: pixabay)

MANADOTODAY – Semakin banyak anak yang dimiliki wanita, semakin lambat mereka akan bertambah tua, penelitian baru menunjukkan.

Melihat kromosom, para ilmuwan menemukan bahwa wanita yang memiliki anak lebih telomerasenya lebih panjang. Telomerase seperti topi DNA pada ujung setiap kromosom yang membantu memperlambat proses penuaan. Seperti pelindung, telomerase melindungi kromosom dan informasi genetik yang penting dari kerusakan.

Memiliki telomerase yang cukup panjang penting agar sel-sel dapat berkembang biak. Seiring bertambahnya usia, telomerase memendek, akhirnya menyebabkan kematian sel, menurut US National Cancer Institute.

Studi baru yang dilakukan oleh Universitas Simon Fraser di British Columbia, Kanada, meneliti 75 perempuan dari dua desa di Guatemala. Panjang telomerase mereka diukur melalui pipi dan air liur yang diambil dua kali setiap 13 tahun.

Penelitian mengatakan, tapi tidak membuktikan bahwa melahirkan anak lebih dikaitkan dengan proses pemendekan telomerase yang lebih lambat dan meningkatkan umur panjang.

Temuan ini menantang penelitian sebelumnya yang menyimpulkan bahwa memiliki banyak anak mempercepat laju penuaan.

“Lambat laju pemendekan telomerase ditemukan pada peserta penelitian yang memiliki anak lebih banyak, bagaimanapun, mungkin dikaitkan dengan peningkatan dramatis estrogen, hormon yang diproduksi selama kehamilan. Fungsi estrogen sebagai antioksidan kuat yang melindungi sel-sel terhadap pemendekan telomere, “kata pemimpin studi Pablo Nepomnaschy, seorang profesor ilmu kesehatan dari Simon Fraser dikutip dari Health.com.

Para peneliti juga mencatat bahwa lingkungan sosial perempuan mungkin mempangaruhi tingkat lambat dari penuaan.

“Para wanita yang kami ikuti selama penelitian adalah dari populasi kesuburan alami di mana ibu-ibu yang melahirkan banyak anak menerima sosial lebih dukungan dari keluarga dan teman-teman mereka,” kata Nepomnaschy dalam rilis berita universitas.

“Dukungan yang lebih besar menyebabkan peningkatan jumlah energi metabolisme yang dapat dialokasikan untuk pemeliharaan jaringan, sehingga memperlambat proses penuaan.” tambahnya.