JWS Minta Lontaan Tertibkan Pasar Tondano, Langowan dan Kawangkoan

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS), meminta Kepala Dinas Pasar dan Kebersihan Minahasa, Moudy Lontaan SSos, untuk, menertibkan semua Pasar di wilayah Kabupaten Minahasa, terutama Pasar Tondano, Pasar Langowan dan Pasar Kawangkoan. Hal ini disampaikan JWS, melalui juru bicaranya Agustivo Tumundo SE MSi, Selasa (22/12/2015).

Dikatakan Tumundo, JWS telah menginstruksikan Laloan, segera mengagendakan Rapat Koordinasi dengan semua jajaran yang terkait dalam menata dan menertibkan Pasar Tondano, Langowan dan Kawangkoan.

“Bapak Bupati mengharapkan agar semua kontrak dengan para pedagang Pasar Tondano dan Pasar lainnya dengan Pemkab Minahasa akan di tinjau satu per satu, jangan sampai ada Kios-kios yang sudah diperdagangkan atau diperjual-belikan dengan pihak-pihak lain,” ungkap Tumundo.

Ditambahkan Kabag Humas dan Protokol Minahasa ini, pada bulan Januari 2016 nanti Pemkab Minahasa akan segera mendata ulang. Jika terdapat nama bukan sesuai dengan data yang melakukan kontrak, akan ditelusuri sampai detail mengapa terjadi demikian.

“Prinsipnya pemkab akan manata ulang para pedagang bisa saja mengajukan permohonan ulang, jika memenuhi syarat dapat dilanjutkan dengan kontrak baru. Tetapi jika yang menggunakan bukan sesuai nama yang kontrak, akan di ambil alih kembali dan di berikan kepada yang layak mendapatkannya,” tandas Tumundo.

Lanjutnya, sesuai instruksi JWS lagi, Lontaan dan jajaran Dinas Pasar dan Kebersihan Minahasa, mendata juga pedagang yang sudah mengubah peruntukan, membobol, menggambungkan atau mengubah tidak sesuai gambar awal.

“Semua akan ditertibkan, jangan-jangan ada yang bukan warga Minahasa yang dapat Kios, sementara orang Minahasa atau pedagang pasar sendiri tidak ada tempat lagi,” pungkas Tumundo. (rom)