Sumarsono Minta Pemerintah Pusat Bangun Pos Wilayah Perbatasan Laut di Sulut

SULUT, (manadotoday.co.id) – Penjabat Gunermur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Sumarsono MDM, meminta pemerintah pusat, supaya membangun pos wilayah perbatasan laut di Sulut. Menurut Sumarsono, Deputy bidang pengelolaan batas wilayah negara, harus mengantisipasi adanya pemekaran di perbatasan di Sulut yaitu pembentukan daerah otonom baru (DOB) Talaud Selatan yang berada di wilayah perbatasan laut.

“Proses pembentukam Kabupaten Talsel telah melalui pertimbangan strategis nasional dan menjadi prioritas pemekaran. Karena itu deputy bidang pengelolaan batas wilayah negara, bersama instansi terkait pusat mulai sekarang mempersiapkan hadirnya pos wilayah perbatasan laut di Sulut,” tegas Sumarsono.

Dikatakan Sumarsono yang juga pernah menjabat Asisten Deputy pengelola PLBN BNPP, Tahun 2015 pemerintah fokus membangun tujuh PLBN di wilayah daratan di Indonesia. Dan tahun 2016, akan fokus di wilayah perbatasan laut termasuk di Sulut.

“Seperti di pulau Marore Kabupaten Sangihe pos tersebut sudah ada demikian dengan pulau Miangas tak usah kuatir karena saat ini sedang di bangun bandara udara air streep,” ujar Dirjen Otda Kemendagri Ri ini.

Sementara Asdep bidang pemgelolaan PLBN Imdra Purnama mengatakan, pihaknya akan berupaya untuk memperjuangkan usulan Sumarsono tersebut, sehingga bisa terealisasi tahun 2016 nanti. (ton)