Waspada, Ada Kondisi Langka yang Bisa Rubah Wanita Menjadi ‘Pria’

ManadoToday – Bagi kebanyakan wanita, beberapa rambut rontok dan kelebihan bulu tubuh biasanya adalah tanda-tanda penuaan. Dalam beberapa kasus, perubahan ini mungkin berasal dari kondisi yang diketahui membuat kadar testosteron melonjak.

Menulis di New England Journal of Medicine, dokter menjelaskan kasus seperti itu: Seorang Ada wanita 57 tahun yang datang kepada mereka dengan pertumbuhan rambut tubuh, kebotakan, suara terdengar seperti pria, dan tanda-tanda lain dari kelebihan kadar testosteron.

Setelah mengesampingkan beberapa penyebab – termasuk tumor kelenjar adrenal dan ovarium – dokternya akhirnya yakin dengan sebuah diagnosa yang dikenal sebagai hipertekosis ovarium.

Ini adalah kondisi yang banyak dokter mungkin tidak sadari. Bahkan ahli endokrin – spesialis dalam gangguan hormonal, kata Dr Graham McMahon, seorang ahli endokrinologi yang ikut menulis laporan kasus.

Hipertekosis ovarium muncul ketika sel-sel tertentu di ovarium kelebihan androgen – hormon  “laki-laki” seperti testosteron, kata penulis laporan.

“Kami tidak benar-benar tahu bagaimana umumnya itu,” kata Dr Margaret Wierman, juru bicara Endocrine Society yang tidak terlibat dalam kasus ini.

Belum ada penelitian besar tentang kondisi ini, sehingga prevalensinya tidak jelas kata Wierman.

“Kami tidak tahu apa yang menyebabkan hipertekosis ovarium,” katanya dikutip dari health.com. “Kami tidak tahu apa faktor risiko yang mungkin.”

Salah satu faktor risiko yang diduga, Wierman mengatakan, adalah sindrom polikistik ovarium (PCOS), gangguan yang cukup umum mempengaruhi wanita usia subur.

Seperti hipertekosis, PCOS melibatkan kelebihan androgen di ovarium. Gejala termasuk menstruasi yang tidak teratur dan masalah kesuburan, jerawat dan kenaikan berat badan.

Satu teori, Wierman menjelaskan, adalah bahwa hipertekosis ovarium bisa menjadi bentuk yang lebih berat dari PCOS.

“Beberapa wanita yang mengembangkan hipertekosis ovarium setelah menopause mungkin pernah memiliki PCOS ringan – seperti menstruasi yang tidak teratur,” kata Wierman.

Tapi setelah menopause, ketika tingkat estrogen turun, wanita-wanita ini bisa memiliki masalah yang berkaitan dengan konsentrasi androgen tinggi.

Ini bagaimanapun, hanya sebuah teori.

Pasien dalam kasus saat ini adalah seorang wanita 57 tahun yang telah mengunjungi klinik rawat jalan setelah beberapa tahun menderita dengan pertumbuhan tidak lazim pada tubuhnya. Dia mengalami pertumbuhan rambut di bagian wajah pada tiga tahun terakhir; kemudian suara yang lebih seperti pria, pertumbuhan rambut di perutnya, botak di atas kepala, dan libido meningkat.

Tes laboratorium menunjukkan dia memiliki kadar testosteron yang tinggi, namun tingkat hormon yang disebut DHEAS, yang dirilis oleh kelenjar adrenal, normal.

Jika tumor di kelenjar adrenal adalah penyebabnya, tingkat DHEAS-nya akan tinggi, kata Wierman.

Setelah kembali melakukan tes – termasuk CT dan USG scan – tidak menghasilkan diagnosis yang jelas, dia berakhir di Rumah Sakit Umum Massachusetts untuk evaluasi lebih lanjut, menurut laporan kasus.

Pada akhirnya, wanita didiagnosis dengan hipertekosis ovarium dan menjalani operasi pengangkatan kedua ovarium.

Tiga bulan kemudian, kadar testosteron-nya turun.

Hanya ada perbaikan kecil pada kebotakannya, dan tidak ada perubahan pada bulu tubuh – sehingga dia akhirnya menggunakan metode elektrolisis (sejenis hair removal permanen) untuk bulu tubuh, kata laporan itu.

McMahon menekankan bahwa perempuan tidak boleh “khawatir” oleh perubahan yang dapat datang saat menopause – termasuk penipisan rambut pada kulit kepala, beberapa pertumbuhan bulu tubuh, dan kenaikan berat badan.

“Perubahan tersebut sangat umum di kalangan wanita menopause,” katanya. “Dan hanya sebagian kecil yang memiliki kondisi medis yang mendasarinya.”

Tetapi jika perubahan datang dengan “cepat” atau parah, harus diwaspadai, menurut McMahon.