Dihadapan Tokoh Masyarakat dan Pemuda Bolmong, Sumarsono Janji Provinsi BMR Terwujud

Bolaang Mongondow Raya, BMR, Drs. Syachrial Damopolii,DR. Sumarsono MDM,
Pnj Gubernur Sulut DR. Sumarsono

SULUT, (manadotoday.co.id) – Penjabat Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Sumarsono MDM, berjanji rencana pembentukan Provinsi Bolaang Mongondow Raya (BMR), akan terwujud.

Hal tersebut disampaikannya, ketika melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Bolmong, dibawa pimpinan mantan Ketua DPRD Sulut Drs. Syachrial Damopolii.

Menurut Sumarsono yang kesehariannya juga sebagai Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri RI ini, calon daerah otonom Baru (DOB) BMR, dalam waktu dekat bakal terealisasi menjadi Provinsi.

“Selaku Dirjen Otda, saya memberi jaminan kepada kalian, bahwa calon DOB di Provinsi Sulawesi Utara yaitu Bolaang Mongondow Raya bakal menjadi provinsi. Sebab, ini sudah menjadi kebutuhan dari warga Bolmong bersatu,” tegasnya.

Lanjut dia, alasan secara normatif dari persyaratan administrasi, tehnis dan fisik kewilayahan, calon DOB BMR dinilai paling lengkap dibanding dengan calon DOB di provinsi lain di tanah air.

“Apalagi yang mengajukan calon DOB Provinsi di tanah air hanya sedikit, bila dibanding dengan pengajuan calon DOB Kabupaten/Kota sangat banyak. Apalagi, di Pulau Sulawesi yang mengajukan calon DOB hanya satu yaitu calon Provinsi BMR,” terang Sumarsono,

Dia pun meminta seluruh elemen masyarakat Bolmong, untuk tak perlu melakukan riak-riak yang berlebihan di tengah-tengah masyarakat.

“Percayakan saja kepada saya selaku Penjabat Gubernur Sulut untuk mengawal keinginan ini hingga tuntas. Saya juga tentunya harus menindaklanjuti usulan dari mantan Gubernur Sulut Pak Sinyo Harry Sarundajang untuk merealisasikannya. Ini merupakan tanggungjawab moral saya kepada beliau,” tegas Sumarsono.

Turut hadir dalam pertemuan itu, Karo pemerintahan dan Humas DR Jemmy Kumendong MSi serta Kaban Diklat provinsi yang juga mantan Karo Pemerintahan dan humas DR Noudy RP Tendean MSi, yang dikenal sebagai salah satu sosok dibalik perjuangan menelorkan BMR untuk menjadi provinsi, tokoh masyarakat Mutu Ake, Anhar pasambuna, Sehan Ambaru SH, Komite Rakyat untuk PBMR, Min Oroh kartini totabuan, Fadli Simbuang (KNPI), PP Samsir Gawulo LSM Dong Mokoginta, dan Kabag Humas Pemprov Sulut Roy Saroinsong SH. (ton)