Komitmen Pelayanan Kesehatan, Bupati Mitra Letakkan Batu Pertama Pembangunan RSUD

 James Sumendap SH, RSUD mitra,Towuntu Timur ,kecamatan Pasan
Bupati Mitra letakkan batu pertama pembangunan RSUD

PASAN, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH, Senin (5/10/2015) meletakkan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), yang berlokasi di Towuntu Timur kecamatan Pasan.

Dalam sambutannya, Sumendap mengatakan ini merupakan bagian dari tanggung jawab dan komitmen pemerintah daerah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Nantinya ketika beroperasi tahun depan, akan diusahakan memiliki fasilitas memadai dan tenaga medis mulai dari dokter, perawat dan bidan yang berkualitas,”kata Sumendap.

Dilanjutkannya, Langkah awal akan disediakan dokter ahli kebidanan, anastesi, penyakit dalam dan anak serta akan dibangun juga perumahan untuk para dokter.

‘’Pokoknya ,RSUD yang dibangun ini benar benar beroperasi sebagaimana fungsinya dan menyentuh langsung pada masyarakat Mitra,’’ tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan Mitra dr Rini Tamuntuan menambahkan, dana pembangunan RSUD lewat anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tambahan yang tercantum dalam Peraturan Presiden nomot 36 tahun 2015 dan Permenkeu nomor 92/PMK.07/2015 mengenai DAK tambahan usulan daerah 2015.

“Jadi anggaran RSUD yakni dari dana DAK tambahan sebesar 15Miliar dan selanjutnya Dinkes dalam penganggaran berkelanjutan RSUD tahun 2016 memasukkan usulan anggaran lewat e-planning di Kemenkes sebesar 80 Miliar mencakup penyediaan bangunan dan alat kesehatan yang memadai,”tukasnya.

Peletakan batu pertama ini didahului dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt Anna Rorimpadey STh dihadiri anggota DPRD, para pejabat Pemkab serta jajaran Dinkes dan hukum tua se-Kecamatan Pasan.(ten)