Pejabat Senior Negara ASEAN Bahas Isu Kemaritiman di Sulut

ASEAN , Asean Maritime Forum, Sulawesi Utara,  I Gusti Agung Waseka Puja,
Wakil Gubernur Sulut DR. Djouhari Kansil MPd

SULUT, (manadotoday.co.id) – Para pejabat senior negara anggota ASEAN, membahas isu kemaritiman di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Kegiatan yang digelar Dirjen Kerjasama Asean Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) RI ini, bertajuk the 6th Asean Maritime Forum (AMF) dan the 4th Expanded Asean Maritime Forum (EAMF).

Dalam tatap muka peserta kegiatan dengan Wakil Gubernur Sulut DR. Djouhari Kansil MPd, menyatakan, Pemprov Sulut menyambut baik pelaksanaan kegiatan yang dipusatkan di Manado ini. “Diharapkan lewat pertemuan ini. Dapat memberikan solusi bagi pengembangan pengaturan regional dalam perlindungan sumber daya hayati kelautan dan pengaturan kerjasama maritim,” ujar Kansil.

Ia pun memberi apreaiasi karena Manado adalah merupakan kota tempat sekretariat CTI, sehingga kunjungan ini bisa dimanfaatkan untuk lebih memajukan CTI sebagai salah satu bentuk kerjasama maritim yang maju, sekaligus mempromosikan pariwisata Sulut.

Sementara Dirjen Kerjasama Asean, I Gusti Agung Waseka Puja, mengatakan dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan negara peserta dapat meningkatkan pemahaman bersama mengenai isu maritim regional. “Apalagi isu ini menjadi perhatian bersama dan mencari solusi bagi tantangan maritim di kawasan Asean,” terangnya. (ton)