SHS Tandatangani Kerjasama Pengembangan Program Informasi Data Sistem Bumi dengan NOAA

NOAA , SHS, National Oceanography and Atmospheric Administration, Boulder, ColoradoSULUT, (manadotoday.co.id) – Jelang akhir masa jabatannya sebagai Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), DR. Sinyo Harry Sarndajang (SHS), melaksanakan kunjungan kerjanya di Amerika Serikat selama tiga hari. Juru bicara Pemprov Sulut Roy Saroinsong mengatakan, pada kunjungan kerja di negeri Paman Sam tersebut, SHS sapaan familiar Sarundajang melakukan penandatangangan kerjasama (Memorandum of Undersatanding) terkait pengembangan program informasi data sistem bumi, serta atmosfir dengan Laboratorium Penellitian Sistem Bumi (Earth System Research Laboratory –ESRL), dengan Badan Oseanografi dan Atmosfir Nasional (National Oceanography and Atmospheric Administration – NOAA) di Boulder, Colorado.

Menurut Saroinsong, MoU ini dilakukan setelah proses finalisasi pengadaan alat display informasi berupa bola dunia: S.O.S (Science on a Sphere) yang dibeli Pemprov Sulut dari NOAA telah selesai. “S.O.S adalah sebuah sistem display data yang berbentuk bola sebagai layarnya. Kemudian data akan diproyeksikan menggunakan empat buah proyektor dari empat sudut, sehingga tayangan yang dihasilkan akan terlihat nyata,” ujar Saroinsong.

Kata dia, pada penandatangan MoU tersebut, dilakukan di atas atap bangunan fasilitas ESRL – NOAA dengan berlatarbelakang pemandangan bukit batu di kota Boulder. “ S.O.S adalah yang pertama di Indonesia dan merupakan tanda mata Gubernur Sarundajang untuk Masyarakat Sulut yang sangat berguna ilmu dan pengetahuan,” terang Saroinsong. “fasilitas ini sangat terkait erat dengan dunia pendidikan, penelitian, dan teknologi,” lanjutnya.

Lebih lanjut Saroinsong menjelaskan, Rektor Unima dan Rektor Unsrat yang turut mendampingi SHS pada kunjungan kerja tersebut, melaksanakan penjajakan kerjasama di bidang penelitian keatmosfiran dan oseanografi.

Diketahui, pejabat Pemprov Sulut yang turut mendampingi SHS pada kunjungan kerja tersebut, Kepala Bappeda Royke Roring, Kepala Dinas Pendidikan Nasioanal Asiano Gamy Kawatu, Kepala Dinas pekerjaan Umum Eddy Kenap, Sekretaris Pribadi Rollies Rondonuwu, dan Staf Khusus Gubernur bidang Komunikasi Publik Freddy Lengkong.

SHS bersama rombongan tiba di Denver, Colorado pada tanggal 3 September 2015 lalu, kemudian dilanjutkan dengan acara pertemuan dengan Kawanua yang berdomisili di Colorado dan sekitarnya.

Kemudian, berkesempatan juga menunjungi masyarakat Sulut yang tinggal di Los Angeles, New York, dan Washington DC. Dalam perjalanan pulang ke Indonesia, SHS menyempatkan diri juga untuk bertatap muka walau hanya sejenak dengan kawanua yang berada di Los Angeles dan sekitarnya. Pertemuan ini tak dijadwalkan mengingat sempitnya waktu. (ton)